Salin Artikel

Tutup Posko Angkutan Lebaran 2022, Kemenhub: Kegiatan Pemantauan Tetap Dilakukan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menutup Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2022 yang sudah digelar sejak 25 April lalu.

Posko ini bertujuan memudahkan koordinasi antar pemangku kepentingan untuk memastikan lalu lintas selama mudik Lebaran tahun ini berjalan lancar.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, meskipun posko koordinasi ini ditutup, namun lalu lintas arus balik mudik tetap dipantau.

"Memang secara resmi ditutup tetapi saya harapkan kegiatan-kegiatan pemantauan tidak ditutup, mengingat perjalanan mudik balik dari saudara-saudara kita di laut, darat, udara, dan kereta api masih berlangsung," ujarnya saat menutup Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2022, Selasa (10/5/2022).

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menambahkan, pihaknya masih akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait hingga arus balik selesai.

Pasalnya, hingga saat ini masih ada sekitar 30 persen pemudik yang belum kembali ke wilayah Jabodetabek sehingga masih ada potensi kepadatan lalu lintas untuk beberapa hari ke depan.

"Ada potensi diamika di lapangan yang terjadi. Kami dengan Korlantas Polri sampai sekarang masih koordinasi sampai yang 30 persen itu habis. Jadi kondisi ini masih kita pantau terus," tegasnya.

Pada pagi ini saja di beberapa ruas jalan tol masih banyak kendaraan yang berhenti di bahu jalan dan menimbulkan kepadatan arus jalan.

Kemudian, pihaknya bersama Korlantas juga membatasi pergerakan angkutan logistik kendaraan sumbu 3 ke atas di jalan tol. Sehingga pada pagi tadi jenis kendaraan ini diarahkan ke jalan nasional.

Padahal, kebijakan pembatasan kendaraan sumbu tiga ke atas ini seharusnya sudah selesai diberlakukan sejak 1 Mei kemarin tapi karena masih ada potensi arus balik maka kebijakan ini kembali diberlakukan.

"Kemudian nanti melihat kepada dinamika di lapangan dan diskresi Polri (pemberlakuan kebijakan kendaraan sumbu tiga)," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Kakorlantas Polri Firman Shantyabudi mengatakan, masih akan mengerahkan personilnya hingga arus balik selesai.

"Personil kami masih ada di lokasi. Karena kebetulan bergabung dengan liburan Waisak pada minggu ini," tuturnya.

Dia mengimbau masyarakat yang ingin melakukan arus balik untuk memulai perjalanannya pada sore hingga malam hari agar waktu tempuh perjalanan lebih pendek sehingga pengemudi tidak terlalu lelah di perjalanan.

"Kami masih tetap menyarankan untuk yang pulang dilaksanakan malam hari. Malam hari itu masyarakat lokal itu sudah istirahat. Jadi artinya silakan dimanfaatkan waktu ruang ini untuk kembali ke Jakarta," jelasnya.

https://money.kompas.com/read/2022/05/10/214500626/tutup-posko-angkutan-lebaran-2022-kemenhub--kegiatan-pemantauan-tetap

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.