Salin Artikel

Laba Bersih Pelita Samudera Shipping Melonjak 289 Persen Menjadi Rp 144,5 Miliar Kuartal I-2022

Meningkatnya laba bersih sekaligus menaikkan laba per saham menjadi Rp 28. Pertumbuhan tersebut ditopang oleh pendapatan usaha perseroan sebesar 26,8 juta dollar AS, untuk periode tiga bulan yang berakhir 31 Maret 2022 atau naik 31 persen yoy.

“Pertumbuhan pendapatan usaha ditopang oleh meningkatnya pendapatan dari sewa berjangka segmen kapal tunda dan tongkang dan kapal curah besar,” kata Direktur Utama PSSI, Iriawan Ibarat dalam public expose di Jakarta Kamis (12/5/2022).

Iriawan menjelaskan, imbas lonjakan harga komoditas internasional pada Kuartal I-2022 turut berkontribusi pada melambungnya pendapatan usaha, di antaranya karena adanya permintaan layanan angkutan komoditas yang tinggi.

Munculnya peraturan pemerintah Indonesia yang melarang ekspor batubara pada Januari 2022, berimbas pada menurunnya volumenya pengangkutan secara drastis. Namun, perseroan berhasil menghasilkan pendapatan usaha dan pemasukan lain.

Ini tercermin dari perolehan laba kotor 9,6 juta dollar AS dengan marjin laba kotor 36 persen. Sementara EBITDA Perseroan tercatat 11,9 juta, meningkat 78 persen (yoy), yang mewakili peningkatan marjin EBITDA sebesar 44 persen dari 33 persen tahun lalu.

“Pertumbuhan laba dan marjin laba kotor meningkat sebagian besar karena kinerja yang baik pada semua aset dengan biaya yang dapat dikelola. Kontribusi signifikan juga berasal dari pendapatan sewa berjangka, sekitar 64 persen ke pendapatan,” jelas dia.

Rasio Keuangan Perseroan sejauh ini berada pada kondisi baik, dengan kas dan setara kas sebesar 29 juta dollar AS. Dan untuk rasio Kewajiban terhadap Ekuitas sebesar 12 persen, lebih rendah dari tahun sebelumnya, yaitu 33 persen, berkat pelunasan pinjaman bank sebesar 10 juta dollar AS pada Januari 2022.

“PSSI sangat sehat secara keuangan dan bisa fokus untuk pengembangan usaha yang berkelanjutan,” tegas Iriawan.

https://money.kompas.com/read/2022/05/12/170000926/laba-bersih-pelita-samudera-shipping-melonjak-289-persen-menjadi-rp-144-5

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.