Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

LRT Jabodebek Beroperasi Desember 2022, Ditargetkan Layani 100.000 Penumpang Per Hari

Adapun Stasiun Cawang akan menjadi hub LRT Jabodebek, di stasiun ini diprediksi terjadi pergerakan terbesar sekitar 79.000 pergerakan per hari.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kemudahan aksesibilitas dan integrasi antarmoda yang baik, menjadi kunci untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan angkutan umum massal seperti LRT Jabodebek.

Sebab, pembangunan LRT Jabodebek merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menyelesaikan masalah transportasi perkotaan di Jabodetabek.

“Jabodetabek masih bergelut dengan isu kemacetan, yang penyebab utamanya adalah penggunaan kendaraan pribadi. Untuk itu, kemudahan mengakses dan integrasi antarmoda menjadi kunci,” ujar Menhub Budi Karya dalam keterangan tertulis, Kamis (12/5/2022).

Integrasi LRT Jabodebek dengan Stasiun Kereta Cepat di Halim

LRT Jabodebek memiliki panjang lintasan 44,43 kilometer dan 18 titik stasiun pemberhentian. Waktu tempuh yang lebih cepat, kepastian jadwal, dan kenyamanan dalam LRT menjadi keunggulan yang diharapkan membuat masyarakat beralih ke transportasi umum.

Tahun 2015 lalu, Presiden Joko Widodo telah melakukan groundbreaking pembangunan LRT Jabodebek untuk menandai dimulainya pembangunan LRT Jabodebek.

“Pemerintah menargetkan LRT Jabodebek dapat beroperasi pada tahun 2022 ini,” kata Menhub Budi Karya.

Direktur Prasarana Ditjen Perkeretaapian Harno Trimadi menambahkan, Kemenhub akan memfasilitasi 3 pihak pengguna LRT, yakni pejalan kaki dan pesepeda, pengguna angkutan umum lain, dan pengguna angkutan pribadi.

Oleh karenanya, LRT Jabodebek akan diintegrasikan dengan Stasiun Kereta Cepat di Halim.

Sementara, untuk memudahkan akses menuju Stasiun LRT Jabodebek, akan dibangun sejumlah fasilitas pendukung baik dalam jangka pendek, seperti akses jembatan, tangga, eskalator, lift, ataupun jangka panjang seperti park and ride, perbaikan geometri jalan, dan pelebaran jalan.


LRT Jabodebek beroperasi Desember 2022 atau awal 2023

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI mengungkapkan, tahap operasi secara komersial LRT Jabodebek akan dimulai pada Desember 2022 atau awal tahun 2023.

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan bahwa nanti pada Agustus 2022 akan ditandai dengan demo grade of automation (GOA) 3 di beberapa lintas pelayanan.

Kemudian akan diteruskan pada Oktober 2022 akan dilakukan trial run. Pada saat trial run akan diskenariokan LRT ini sudah beroperasi seperti biasa, tetapi belum ada penumpangnya.

"Baru pada saat Desember 2022 atau awal tahun 2023, akan dimulai tahap operasional komersial daripada LRT Jabodebek ini. Mohon doa restu masyarakat agar penyelesaian ini bisa berjalan lancar, dan insya Allah ini akan kita mulai di akhir 2022 atau awal tahun 2023," ujar Didiek, dilansir dari Antara, Kamis (12/5/2022).

https://money.kompas.com/read/2022/05/13/083000426/lrt-jabodebek-beroperasi-desember-2022-ditargetkan-layani-100000-penumpang-per

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke