Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Airnav: Jumlah Penerbangan Selama Mudik Lebaran 2022 Melonjak 252 Persen

Direktur Utama AirNav Indonesia, Polana Banguningsih Pramesti mengatakan, jumlah tersebut meningkat signifikan sebesar 252 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Secara harian, puncak peningkatan jumlah pergerakan traffic yang tercatat mencapai 680 persen yang terjadi pada 2 Mei 2022 atau hari H Lebaran.

Menurut dia, peningkatan penerbangan ini menjadi stimulus positif kebangkitan industri penerbangan di Indonesia setelah 2 tahun sebelumnya terdampak pandemi Covid-19.

"Meskipun ada pengaruh besar dari adanya lonjakan jumlah penerbangan yang memang sudah diprediksi sebelumnya akibat diperbolehkannya masyarakat melakukan perjalanan mudik," ujarnya dalam keterangan tertulis saat dihubungi Kompas.com, Jumat (13/5/2022).

Dia menyebutkan, setelah 2 tahun industri penerbangan terdampak pandemi, pelaksanaan mudik Lebaran 2022 menjadi kegiatan tersibuk bagi AirNav dalam mengatur lalu lintas penerbangan.

"Tahun ini merupakan tahun yang cukup spesial bagi kami. Karena selama pandemi Covid-19 berlangsung, inilah tahun tersibuk bagi kami," ucapnya.

AirNav selama periode tersebut menghadapi sejumlah tantangan. Salah satunya, aktivitas erupsi Gunung Anak Krakatau, di mana status gunung api tersebut ditingkatkan oleh dari level Waspada menjadi Siaga pada 24 April lalu.

Meskipun tidak ada operasional penerbangan yang terdampak oleh kondisi tersebut, namun AirNav tetap menyiapkan contingency plan dan simulasi pengaturan operasional penerbangan, termasuk dengan skema pengalihan rute untuk mengantisipasi adanya gangguan sewaktu-waktu.

Kemudian, selama periode mudik Lebaran 2022, AirNav mendapatkan laporan balon udara liar yang diterbangkan secara bebas di sejumlah daerah di pulau Jawa. Kejadian ini memang kerap terjadi setiap perayaan Lebaran sejak 2015 lalu.

Sedikitnya 38 Pilot Report (PIREP) yang melihat adanya balon udara liar di ruang udara yang mereka terbangi dengan ketinggian berkisar antara 4.000 hingga 35.000 kaki di atas permukaan air laut.

Laporan tersebut didapatkan dari 5 Cabang AirNav, di antaranya Cabang Makassar Air Traffic Service Center (MATSC), Cabang Semarang, Cabang Solo, Cabang Yogyakarta, dan Cabang Denpasar.

Dia menjelaskan, salah satu laporan menyebutkan ada balon udara yang nyaris terbang mengenai sayap pesawat terbang, yang mana dapat berakibat fatal jika terjadi gesekan antara balon tersebut dengan badan pesawat.

Menurut dia, sebelumnya AirNav telah berkoordinasi dan berperan serta secara intensif dengan stakeholder penerbangan dan aparat keamanan setempat di sejumlah daerah untuk memantau laporan aktivitas balon udara liar dan melakukan langkah-langkah antisipatif.

"Segala upaya telah kami lakukan bersama. Namun fakta di lapangan membuktikan bahwa upaya ini masih harus ditingkatkan di masa yang akan datang. AirNav siap berkontribusi," tuturnya.

https://money.kompas.com/read/2022/05/13/123800926/airnav--jumlah-penerbangan-selama-mudik-lebaran-2022-melonjak-252-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke