Salin Artikel

Modal Bank Masih Tinggi, Bos BI Pede Kredit Tumbuh 7-9 Persen Tahun Ini

Pasalnya permodalan bank masih sangat tinggi yang ditunjukkan oleh rasio kecukupan modal perbankan (CAR) sebesar 24 persen, rasio kredit macet (NPL) terjaga rendah, dan stabilitas ekonomi yang tergolong kuat.

"Kredit perbankan semakin kuat 5,4 persen pada akhir tahun lalu dan Insha Allah akan meningkat 7-9 persen tahun ini," kata Perry dalam Peluncuran Buku Kajian Kebijakan Stabilitas Keuangan Nomor 38 di Jakarta, Jumat (13/5/2022)

Perry menyebut akselerasi penyaluran kredit turut dipengaruhi oleh kondisi likuiditas yang masih sangat longgar yang ditunjukkan oleh rasio Alat Likuid terhadap Dana Pihak Ketiga (AL/DPK).

Perry mengatakan longgarnya likuiditas merupakan bagian dari komitmen Bank Indonesia bersama Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) agar bank bisa membiayai sektor usaha yang mulai pulih.

Menurut catatan BI, produksi sektor korporasi sudah mulai positif meningkat sekitar 10 persen. Hal ini mendorong permintaan kredit modal kerja.

"Bahkan kredit UMKM meningkat lebih tinggi lebih dari 11-12 persen. Ini bukti bahwa sinergi KSSK dari Kemenkeu, BI, OJK, LPS sangat kuat untuk terus menjaga stabilitas sistem keuangan," tutur dia.

Di sisi lain, pertumbuhan kredit tahun 2022 akan banyak dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi yang sudah pulih, yakni mencapai 5,01 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Perry menuturkan, pertumbuhan ekonomi sebesar 5,01 persen menunjukkan bahwa daya beli masyarakat semakin membaik. Hal ini membuat sektor korporasi meningkatkan produksinya akibat tingginya permintaan.

"Tapi tentu saja, langkah-langkah lanjutan perlu kita tingkatkan untuk mendorong lebih lanjut ketahanan sistem keuangan dan juga intermediasi dan inklusi keuangan ke depan," tandasnya.

https://money.kompas.com/read/2022/05/13/172837626/modal-bank-masih-tinggi-bos-bi-pede-kredit-tumbuh-7-9-persen-tahun-ini

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.