Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Presiden UEA Meninggal Dunia, Luhut: Sosoknya Punya Banyak Kemiripan dengan Presiden Jokowi

Ungkapan belasungkawa itu disampaikan Luhut melalui unggahan Instagram pribadinya, @luhut.pandjaitan. Ia melihat sosok Sheikh Khalifa bin Zayed memiliki kesamaan dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

"Meskipun hanya pernah sekali bertatap muka, namun sosok Sheikh Khalifa yang saya kenal punya banyak kemiripan dengan Presiden Joko Widodo. Yaitu seorang pendengar yang baik, begitu rendah hati dan punya kepedulian yang tinggi pada kepentingan rakyat UAE secara keseluruhan," kata Luhut, Jumat.

Luhut menambahkan, sejak menjadi Presiden UEA, Sheikh Khalifa telah memimpin restrukturisasi besar-besaran sehingga UAE menjadi negara maju, termasuk soal kesejahteraan rakyatnya.

Terlebih kata Luhut, Sheikh Khalifa adalah pemimpin UEA yang pertama kalinya menginisiasi sistem nominasi untuk anggota Dewan Nasional Federal. Ia menilai langkah tersebut sebagai inovasi dalam sistem pemilihan langsung di UEA.

"Saya rasa berkat kerja dan inovasi yang beliau lakukan, Indonesia banyak belajar bagaimana membangun negeri yang maju dan modern pengetahuannya sekaligus memakmurkan segenap rakyatnya," ucapnya.

"Selamat Jalan Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, saya berharap keluarga yang ditinggalkan khususnya Pangeran Mohammad Bin Zayed Al Nahyan diberikan ketabahan dan selalu dalam lindungan Tuhan YME dalam memimpin negeri," ungkap eks Menko Polhukam ini.

Sebelumnya, media pemerintahan UEA WAM mengumumkan bahwa Presiden UEA, Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, tutup usia pada Jumat (13/5/2022).

Kakak dari Putra Mahkota Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MbZ) ini meninggal pada usia 73 tahun. Sheikh Khalifa diketahui telah memimpin Abu Dhabi sejak 3 November 2004.

Lahir pada tahun 1948, Sheikh Khalifa adalah Presiden kedua UEA dan penguasa ke-16 Abu Dhabi.

"Kementerian Urusan Kepresidenan berbela sungkawa kepada rakyat UEA, bangsa Arab dan Islam dan dunia atas berpulangnya Yang Mulia Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Presiden UEA," bunyi pernyataan WAM tersebut.

https://money.kompas.com/read/2022/05/13/212423426/presiden-uea-meninggal-dunia-luhut-sosoknya-punya-banyak-kemiripan-dengan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke