Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Anies Paparkan Rencana Proyek MRT Jakarta Fase 3 dan 4 ke 8 Perusahaan Inggris

Diskusi dibuka oleh Anies Baswedan dan diikuti pemaparan potensi kerja sama untuk Fase 3 dan Fase 4 MRT oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar.

Diskusi dihadiri oleh Direktur dan Country Leader 8 perusahaan besar Inggris, yaitu Crossrail International, XRail Group, Arup, Colas Rail, BDP, Alstom, Mott MacDonald, dan Standard Chartered Bank yang turut didampingi oleh UK Export Finance dan Departemen Perdagangan Internasional Inggris.

Dalam pembukaannya, Anies menyampaikan rencana masa depan pembangunan Jakarta yang berbasis transportasi publik dan berorientasi transit.

Dia menjelaskan kepada 8 perusahaan tersebut terkait persoalan utama Jakarta selama bertahun-tahun, yaitu pembangunannya selalu berorientasi pada mobil (car oriented development).

Oleh karenanya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengubah paradigma tersebut menjadi transit oriented development.

Dengan itu, selama 4 tahun terakhir pemerintah juga merustrukturisasi ulang transportasi publik di Jakarta, peraturan zona pembangunan, dan tata kota untuk merefleksikan pendekatan berbasis kawasan berorientasi transit.

"Kami ingin membangun sistem transportasi publik yang dapat mencakup seluruh area di Jakarta yang terintegrasi satu sama lain serta terjangkau," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (15/5/2022).

Selepas pembukaan dari Gubernur DKI Jakarta dan paparan dari Direktur Utama MRT Jakarta, secara bergiliran 8 perusahaan Inggris memaparkan kapasitas dan dukungan yang mereka dapat berikan untuk akselerasi pembangunan MRT Jakarta fase 3 dan 4.

Pertemuan ini merupakan komitmen tindak lanjut atas kunjungan Secretary of State for International Trade the Rt. Hon Anne-Marie Trevelyan MP pada Februari 2022.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Trevelyan akan memfasilitasi pertemuan antara pemerintah provinsi DKI Jakarta dan pelaku industri perkeretaapian di Kerajaan Inggris untuk mengeksplorasi bagaimana perusahaan Inggris dapat berkontribusi dalam perkembangan industri perkeretaapian di kota Jakarta.

"Tidak kurang dari delapan perusahaan sektor perkeretaapian Inggris telah mendengarkan langsung rencana pengembangan MRT Jakarta, khususnya fase 3 koridor timur—barat dan fase 4 koridor Fatmawati-TMII. Lebih luas lagi, pertemuan ini juga membuka kesempatan kerja sama lainnya seperti pengembangan kawasan berorientasi transit, kawasan integrasi antarmoda sesuai fungsi MRT Jakarta seperti city regenerator," kata William.

https://money.kompas.com/read/2022/05/15/203431426/anies-paparkan-rencana-proyek-mrt-jakarta-fase-3-dan-4-ke-8-perusahaan-inggris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke