Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan yang Baik dan Sopan

JAKARTA, KOMPAS.com – Contoh surat pengunduran diri kerja (contoh surat resign kerja) banyak tersedia di berbagai website dan dapat diakses dengan mudah. Namun demikian, Anda perlu memilih contoh surat pengunduran diri karyawan yang baik dan benar.

Pasalnya, surat pengunduran diri kerja adalah surat resmi dari karyawan untuk perusahaan. Sehingga ketika memilih referensi atau contoh surat pengunduran diri kerja tidak boleh asal-asalan.

Alasan lain mengapa seseorang harus memilih contoh surat pengunduran diri kerja yang baik adalah karena pengunduran diri merupakan hal yang sensitif. Dengan membuat surat pengunduran diri kerja yang baik, Anda tidak meninggalkan kesan yang buruk atau bertindak tidak profesional pada perusahaan.

Seperti diketahui, surat pengunduran diri adalah sebuah surat yang biasanya menjadi syarat administratif, untuk memberitahukan kepada atasan maupun HRD bahwa Anda ingin berhenti dari pekerjaan.

Beberapa perusahaan atau instansi memang ada yang menyediakan contoh surat pengunduran diri karyawan sebagai aturan baku. Namun, tidak semua perusahaan atau instansi melakukan hal yang sama.

Karena itu, karyawan perlu mencari contoh surat pengunduran diri kerja jika sudah mantap untuk resign atau mundur dari pekerjaan.

Sebelum mengajukan resign, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh karyawan. Misalnya berdiskusi dengan atasan terlebih dahulu dan menyerahkan surat pengunduran diri maksimal satu bulan sebelum resign.

Hal ini penting agar perusahaan bisa menyiapkan orang untuk mengisi posisi atau pekerjaan yang Anda tinggalkan.

Anda tidak perlu menjelaskan panjang lebar mengenai alasan resign dalam surat pengunduran diri kerja. Namun, Anda tetap harus menyatakan alasan pengunduran diri secara singkat pada surat tersebut.

Tuliskan hal-hal positif pada surat pengunduran diri Anda. Tidak perlu sungkan untuk menawarkan bantuan kepada bos di masa Anda transisi sebelum mengundurkan diri. Misalnya, melatih karyawan baru yang akan menggantikan Anda di kemudian hari.

Berikut beberapa contoh surat pengunduran diri karyawan (contoh surat resign kerja) sebagai referensi bagi Anda yang berencana resign:

1. Contoh surat pengunduran diri dalam bahasa Indonesia

Semarang, 24 Januari 2022
Kepada Yth,
HRD PT Maju Jaya
di Jl. Pandanaran, Semarang

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : ……………………
Alamat : …………………..
Jabatan : …………………….
Nomor ID : ……………………

Melalui surat ini, saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari jabatan ……. di perusahaan Maju Jaya terhitung pada tanggal 1 Januari 2022 bersama dengan kontrak yang telah berakhir.

Saya memutuskan untuk tidak lagi menjadi bagian dari perusahaan Maju Jaya. Tidak lupa saya ucapkan mohon maaf atas segala kesalahan yang mungkin sempat saya lakukan dan meninggalkan kesan buruk di hati Bapak/Ibu selama bekerja di Maju Jaya.

Dengan rasa syukur saya ucapkan berterima kasih kepada Bapak/Ibu karena sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja, belajar, dan berkembang di perusahaan Maju Jaya selama lima tahun. Selain itu, saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada rekan kerja yang telah banyak kerjasama untuk mencapai target perusahaan.

Demikian surat ini saya buat tanpa paksaan dari orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu.

Hormat saya,

 

(Nama Lengkap)

2. Contoh surat pengunduran diri dalam bahasa Inggris

January 24st, 2022

Michael Lynch
CEO Maju Jaya Inc.
Jalan Pandanaran, Semarang

Dear Sir,

It greatly saddens me to send you this letter of resignation. Effective the end of this month, I will no longer be working at Maju JayaInc. as a Content Writer.

I will be resigning due to a number of worsening health complications for some time and feel it would be best to focus on recovery. Unfortunately, it has become clear that I am unable to meet my duties and expectations as a Content Writer. It is therefore in the best interest of all parties that I resign.

I have been very fortunate to be given the fantastic opportunities to grow and make lifelong friends during my time at Maju Jaya Inc. Thank you so much for your guidance and support during the last ten years.

Although I no longer can do the work I once could, I hope to remain a resource and that we will stay in touch. Thank you so much for all the opportunities, and I wish everyone at Lingkar Senja Inc. the very best and your company is always growing.

Sincerely,

 

(Nama Lengkap)

3. Contoh surat pengunduran diri yang baik dan sopan

Jakarta, 12 Desember 2021
Kepada Yth. Pimpinan PT ...............
di Jakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: …….........
Alamat: …………
Jabatan: ………...
Nomor ID: ……..

Melalui surat pernyataan ini, saya berniat untuk mengajukan permohonan pengunduran diri saya dari jabatan ...... di perusahaan .... Terhitung mulai tanggal ....... (tanggal/bulan/tahun).

Sebelumnya, saya dengan rasa syukur yang sebesar-besarnya berterima kasih kepada Bapak/Ibu karena sudah memberikan saya kesempatan untuk dapat bekerja, belajar, dan berkembang di perusahaan Bapak/Ibu.

Selain itu, saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih pada rekan-rekan kerja saya di sini yang telah berjuang bersama dalam mencapai target perusahaan.

Saya juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena saya tidak lagi menjadi bagian dari perusahaan Bapak/Ibu.

Saya pun memohon maaf untuk segala kesalahan saya yang mungkin sempat meninggalkan kesan buruk di hati Bapak/Ibu. Semoga, perusahaan Bapak/Ibu dapat terus berkembang.

Demikian surat pengunduran diri saya ini yang dibuat dengan kesadaran dan tanpa tekanan dari pihak manapun.

Hormat saya,

tanda tangan

(Nama Lengkap)

4. Contoh surat resign kerja sederhana

Jakarta, 1 September 2021

Kepada Yth,
HRD PT. Karya Abadi
di Jl. Alam Sutera, Jakarta

Dengan Hormat,

Melalui surat yang tertulis ini, saya atas nama (tulis nama lengkap) bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Karya Abadi yang mana saya memiliki posisi sebagai Marketing.

Saya melakukan permohonan ini karena ingin melanjutkan bisnis keluarga. Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan kerja yang telah diberikan kepada saya selama 4 tahun ini. Saya mohon maaf jika selama bekerja banyak melakukan kesalahan yang mungkin merugikan pihak perusahaan.

Demikian surat ini saya buat dan serahkan dengan sebena-benarnya tanpa paksaan orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Semoga PT. Karya Abadi akan semakin berkembang dan maju.

Hormat Saya,

 

(Nama Lengkap)

5. Contoh surat pengunduran diri kerja karyawan hotel

Palembang, 30 Juli 2021

Kepada Yth.

Yth Kepala Bagian HRD
Hotel Amaris
Jl. Demang Lebar Daun, Palembang

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :
Tempat, Tanggal Lahir:
Alamat:
Jabatan:

Melalui surat ini, saya hendak menyampaikan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri pada tanggal 30 Juli 2021 dengan alasan ingin melanjutkan pendidikan S2.

Keseluruhan tugas yang selama ini telah menjadi tanggung jawab saya sebagai (jabatan) hotel akan tetap saya laksanakan dengan professional hingga tanggal pengunduran diri saya.

Kepada segenap pimpinan hotel, saya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya karena sudah bersedia menerima saya dengan segenap kemampuan yang saya miliki.

Dan kepada segenap karyawan hotel saya juga mengucapkan banyak terima kasih. Pihak-pihak yang selama ini membantu dan membimbing saya.

Saya juga mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya karena sudah tidak bisa menjadi bagian dari hotel ini kembali.

Demikian surat pengunduran diri saya yang dibuat dengan penuh kesadaran dan tanpa adanya paksaan dari pihak namapun.

Hormat saya,

(Nama Lengkap)

6. Contoh surat pengunduran diri kerja di pabrik atau PT

Jakarta, 1 September 2021
Yth.

HRD PT Karya Abadi

Di Jl. Alam Sutera, Jakarta

Dengan Hormat,

Berdasarkan Kebijakan perusahaan yang tercantum dalam PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu) mengenai 1 bulan sebelum pengunduran diri, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :
NIK :
Departemen :
Jabatan :

Bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai karyawan dari PT Karya Abadi sebagai (tulis jabatan). Terhitung dari 30 hari sejak dibuat, yaitu pada tanggal 1 September 2021. Adapun alasan saya untuk pengunduran diri adalah karena ingin meneruskan bisnis keluarga.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan pengalaman kerja yang selama ini di PT Karya Abadi. Saya juga mohon maaf yang kepada jajaran pimpinan dan juga rekan karyawan PT Karya Abadi yang disengaja atau tidak.

Demikian surat ini saya buat dan serahkan dengan sebena-benarnya tanpa paksaan orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Jika ada tutur kata yang kurang berkenan bagi Bapak/Ibu, saya mohon maaf.

Hormat saya,

(Nama Lengkap)

7. Contoh surat pengunduran diri kerja pindah domisili atau tempat tinggal

Jakarta, 1 September 2021

Yth.

HRD PT. Karya Abadi

Jakarta

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama :
Alamat :
Jabatan :
Melalui surat ini ini saya menyatakan untuk melakukan pengunduran diri dari jabatan saya selaku (……..) di PT Karya Abadi terhitung mulai tanggal 1 September 2021. Surat pengunduran diri ini saya buat karena adanya urusan perpindahan domisili dari tempat tinggal saya yang sekarang menuju tempat domisili saya yang baru.

Saya ucapkan terima kasih kepada ada pihak perusahaan Karya Abadi yang telah mengizinkan saya untuk dapat belajar dan berkontribusi dalam berjalannya perusahaan ini. Semoga perusahaan ini semakin berkembang dan jaya selama berjalannya waktu. Ilmu yang saya peroleh di perusahaan ini akan sangat berguna untuk pengalaman saya di dunia marketing.

Saya ucapkan pula permohonan maaf kepada rekan kerja dan juga jajaran pimpinan PT Karya Abdi bila semasa saya bekerja di perusahaan ini terdapat kesalahan-kesalahan.

Demikian surat ini saya buat dan serahkan dengan sebenar-benarnya tanpa paksaan orang lain, semoga dapat diterima oleh Bapak/Ibu. Jika ada tutur kata saya yang kurang berkenan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Hormat saya,

 

(Nama Lengkap)

Nah, itulah tujuh contoh surat pengunduran diri kerja (contoh surat resign kerja) yang baik dan benar. Penulisan, surat pengunduran diri sebaiknya mengikuti kebijakan yang berlaku di perusahaan tempat Anda bekerja.

https://money.kompas.com/read/2022/05/17/193208526/7-contoh-surat-pengunduran-diri-karyawan-yang-baik-dan-sopan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke