Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

E-Toll Bakal Digantikan MLFF, Bank Mandiri Yakin Transaksi Uang Elektronik Tetap Tinggi

Sebagai salah satu bank penyedia e-toll, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk meyakini, peralihan menuju MLFF akan berdampak terhadap kinerja uang elektronik perseroan, e-Money.

Meskipun demikian, SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi optimistis, volume transaksi e-Money tetap tinggi ke depannya.

Ia menjabarkan, saat ini e-Money bukan hanya dimanfaatkan sebagai pembayaran jalan tol saja, tapi juga pembayaran moda transportasi, parkir, hingga jaringan merchant ritel besar.

"Kami tetap meyakini bahwa kebutuhan masyarakat dan transaksi uang elektronik yang cepat dan mudah akan tetap tinggi," ujar dia kepada Kompas.com, Kamis (19/5/2022).

Walaupun wacana peralihan sistem pembayaran jalan tol berpotensi berdampak terhadap kinerja uang elektronik, Thomas bilang, Bank Mandiri akan mendukung penuh inisiatif pemerintah dalam berinovasi mengembangkan metode bayar baru bagi masyarakat.

Dalam rangka menjaga volume transaksi e-Money, bank pelat merah itu berencana terus mengembangkan bisnis e-Money di berbagai ekosistem untuk mendukung gerakan non tunai.

"Sebagai contoh, penambahan titik pembayaran di transportasi massal (kereta commuter, bus, angkutan umum) di seluruh Indonesia, penambahan outlet parkir berbasis e-Money di berbagai wilayah di Indonesia," kata Thomas.

"Kemudian perluasan channel pembayaran menggunakan e-Money di kawasan-kawasan wisata di Indonesia, dan ekosistem-ekosistem lainnya," tambahnya.

Selain itu, bank dengan kode emiten BMRI itu juga terus membangun kesadaran dan pemanfaatan transaksi e-Money di berbagai merchant ritel seperti supermarket, convenience store, dan juga restoran-restoran dengan berbagai program promosi menarik.

"Diharapkan dengan beberapa strategi ini, Mandiri e-Money tetap mampu memenuhi kebutuhan masyarakat luas," ucap Thomas.

Sebagai informasi, pada kuartal pertama tahun ini, frekuensi transaksi e-Money mencapai kurang lebiih 267 juta transaksi atau naik sekitar 13 persen dari tahun lalu dan nilai transaksi kurang lebih mencapai Rp 4,6 triliun atau naik sekitar 18 persen dari tahun lalu.

https://money.kompas.com/read/2022/05/19/192000526/e-toll-bakal-digantikan-mlff-bank-mandiri-yakin-transaksi-uang-elektronik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke