Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sektor Teknologi Masih Tertekan, Bagaimana Prospek Saham GOTO dan BUKA?

Di pasar modal domestik, sektor teknologi atau IDXTechno telah turun 10,4 persen dalam sebulan terakhir.

Lalu, bagaimana prospek saham–saham teknologi, khususnya saham teknologi perusahaan sekelas unicorn dan decacorn tanah air, seperti GoTo Gojek Tokopedia (GOTO), dan Bulalapak (BUKA)?

Martha Christina, Investment Information Team Mirae Asset Sekuritas Indonesia mengatakan, dengan kondisi pasar yang volatile saat ini, tidak bisa dipungkiri bahwa valuai perusahaan teknologi cukup mahal. Di sisi lain, GOTO dan BUKA juga masih merugi secara operasional.

“Untuk perusahaan teknologi ini, tidak bisa dipungkiri valuasinya mahal. Perusahaan seperti, GOTO dan BUKA masih rugi secara operational, perlu diingat kondisi interest rate yang tinggi membuat cost of capital itu semakin meningkat,” kata Martha, di Jakarta Kamis (19/5/2022).

Martha menjelaskan, dengan suku bunga Bank Indonesia yang nantinya diperkirakan akan naik, maka risk free rate akan meningkat, dan meningkatkan cost of capital. Di sisi lain investor tentunya menginginkan return yang tinggi, sehingga valuasi atau harga saham, baik di Nasdaq maupun di pasar modal tanah air menjadi mahal.

“Kalau kita lihat, dengan kondisi market saat ini strategi paling cocok yang kami sarankan adalah dengan mencari perusahaan yang punya kinerja dan valuasi yang menarik,” ujar Martha.


Sentimen global dan dampaknya ke pasar modal domestik

Sementara itu, Head of Investment Information Mirae Asset Sekuritas Indonesia Roger M.M mengatakan, sentimen dari global seperti kenaikan suku bunga oleh The Fed berdampak pada pasar modal domestik, tidak terkecuali pada sektor teknologi.

“Momentum kenaikan suku bunga selalu berlawanan dengan harga saham, dan sektor yang terdampak dari kenaikan suku bunga The Fed adalah teknologi, karena dengan naiknya suku bunga, maka uang beredar berkurang, bisnis turun, sehingga (minat) berinvstasi mnjadi berkurang,” tambah Roger.

Menjelang penutupan perdagangan sesi I, saham GOTO melesat 9,29 persen di level Rp 306 per saham. Harga saham GOTO mulai pulih sejak sepekan terakhir dengan kenaikan 47,12 persen, setelah sempat menyentuh level terendah pada posisi Rp 194 per saham.

Sementara itu, saham BUKA jelang penutupan sesi I hari ini naik 7,3 persen pada level Rp 318 per saham. Dalam sebulan terakhir harga saham BUKA turun 1,24 persen. Namun, harga saham BUKA saat ini terlalu jauh dibangkan harga IPO pada Agustus tahun lalu Rp 850 per saham.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

https://money.kompas.com/read/2022/05/20/131500726/sektor-teknologi-masih-tertekan-bagaimana-prospek-saham-goto-dan-buka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke