Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mencari Rezeki Tanpa Polusi dengan Sunyi Bunyi Motor Listrik

Ismail (40) mitra driver ojek online (ojol) yang beratribut Gojek menceritakan, selisih biaya ngebid (mencari orderan) dengan motor listrik lumayan besar dengan motor bensin.

Selain itu, tak seperti sepeda motor ber-BBM dengan deru mesin dan knalpot, motor listrik yang dipakainya sunyi, nyaris tak berbunyi, sehingga mengurangi dua polusi sekaligus: udara dan suara.

Ia menggunakan motor listrik Gojek bermerek Gogoro sejak Desember 2021, setelah beralih dari sepeda motor konvensional yang dipakai sebelumnya.

Tarif sewa motor listrik Gojek Rp 40.000 per hari, tidak jauh berbeda dengan pemakaian BBM Rp 45.000 sehari (saat Pertamax masih Rp 9.600/liter), tetapi itu belum termasuk servis berkala dan ganti oli setiap dua minggu sekali.

"Dengan pakai molis (motor listrik), saya sewa merek Gogoro Rp 40.000/hari, gratis swap baterai dan perawatan (ditanggung pihak Gojek)," ungkapnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (19/5/2022).

"Molis yang saya gunakan, driver tidak melakukan pengecharge-an mandiri, Gojek bekerja sama dengan Pertamina menyediakan swapping station. Saat baterai mau habis saya cukup menukarnya dengan yang sudah full (penuh) di SPBU. Kurang dari satu menit prosesnya"

"Keuntungannya, irit dan saya bisa menyisihkan sebagian penghasilannya untuk ditabung. Selisih dengan motor bensin besar sekali mas," imbuhnya.

Lebih lanjut Ismail menjelaskan, sekali ganti baterai rata-rata bisa menempuh perjalanan 100-an kilometer.

Selama memakai motor listrik Ismail mengaku tidak pernah mengalami kendala serius. Terkadang shock breaker berbunyi dan ternyata ada setelannya.

Sebagai mitra driver Gojek pertama yang menggunakan motor listrik, Ismail yang awalnya kagok mengendarai molis kini sangat berminat membelinya, karena menurutnya manusia pasti akan beralih ke energi terbarukan sebab BBM akan semakin langka dan mahal.

Platform aplikasi ride hailing Gojek dan Grab terus menggenjot pengadaan armada kendaran listrik demi komitmen pada energi terbarukan, contohnya motor listrik yang sudah digunakan.

Sejumlah pertanyaan pun mengemuka. Oleh karena motor listrik termasuk moda transportasi baru, bagaimana cara memakainya, apa jenisnya, dan berapa harga atau tarif sewanya?

Gojek misalnya, saat ini sudah mengoperasikan ratusan motor listrik Gesits dan Gogoro yang beroperasi di Jakarta.

Penyedia motor listriknya adalah Electrum, perusahaan patungan Gojek dan TBS Energi Utama (TBS) berkolaborasi dengan beberapa perusahaan lainnya.

Motor listrik Gogoro 2 milik Gojek yang terbaru mengadopsi G2 Motor berteknologi Liquid Cooled Permanent Magnet Synchronous Motor.

Di atas kertas, motor listrik ini sanggup menghasilkan tenaga maksimal 6,4 kW atau setara 8,7 tk.

Kecepatan puncak Gogoro 2 bisa mencapai 90 kpj, sedangkan jarak tempuhnya diklaim dapat mencapai jarak 150 km untuk satu kali swap baterai. Namun, dengan catatan kondisi berkendara ideal dan kecepatan konstan 30 km per jam.

Senior Vice President (SVP) Corporate Affairs Gojek Rubi Purnomo pada Kamis (20/1/2022) mengatakan kepada Kompas.com, pada tahap awal Gojek akan menggunakan 500 motor listrik di Jakarta Selatan.

Ia juga mengungkapkan, para mitra yang terpilih menggunakan kendaraan listrik adalah yang memiliki performa baik dan sudah menjalani pelatihan mengendarai motor listrik.

"Mitra driver dapat menyewa motor listrik seharga Rp 30.000-Rp 40.000 per hari," ungkapnya.

Adapun alasan pengenaan tarif penyewaan motor listrik karena pengguna tidak akan dikenakan biaya perawatan kendaraan serta pengisian baterai pengganti bahan bakar minyak (BBM). Biaya perawatan kendaraan sepenuhnya ditanggung oleh Gojek.

Pada kesempatan terpisah, Rubi menyatakan bahwa uji coba komersial penggunaan motor listrik akan terus dikembangkan secara bertahap hingga ribuan unit sepanjang 2022.

"Gojek, sebagai bagian dari Grup GoTo memiliki komitmen Zero Emissions (Nol Emisi Karbon) yaitu menjadi platform karbon-netral dan menargetkan armadanya 100 persen kendaraan listrik di 2030," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (19/5/2022).

Gojek dan TBS berharap, kolaborasi pengembangan motor listrik ini bisa mendorong industri kendaraan dan energi yang ramah lingkungan agar udara lebih bersih, dan sejalan dengan salah satu isu prioritas KTT G20 terkait transisi energi berkelanjutan.

Indonesia saat ini memegang presidensi G20 yang konferensi tingkat tinggi (KTT)-nya akan diselenggarakan di Bali pada November 2022.

Sementara itu, Grab Indonesia mengeklaim sejak 2019 sudah memiliki 8.500 kendaraan listrik yang didominasi roda dua.

Grab menargetkan total 14.000 armada kendaraan listrik bisa mereka hadirkan pada akhir 2022.

Terbaru, Grab Indonesia memiliki motor listrik Smoot Tempur berkat kerja sama dengan PT Smoot Motor Indonesia.

Motor ini dibekali sistem penggerak listrik berkapasitas 1.500 W yang mampu melaju hingga kecepatan maksimal 60 kpj.

Smoot Tempur ditenagai baterai lithium ion berkapasitas 64V 22,5 Ah. Dalam kondisi penuh, baterai tersebut mampu diajak berkendara hingga jarak maksimal 70 kilometer.

Sama seperti Gojek, Grab juga mengoperasikan kendaraan listrik dengan skema rental kepada mitra driver, dengan biaya pemeliharaan sepenuhnya ditanggung Grab.

"Dengan jumlah (armada) tersebut kita sudah membantu mengurangi emisi karbondioksida hingga 4.600 kilogram, setara dengan menanam 260.000 pohon," kata President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata dikutip dari KompasMoney (21/3/2022).

Harga motor listrik Grab adalah Rp 16,5 juta on the road (OTR) DKI Jakarta dengan garansi baterai seumur hidup.

Untuk melihat motor listrik Smoot Tempur lebih dekat dan cara menganti baterainya dapat Anda simak di video Kompas Otomotif berikut ini:

Dalam video yang diunggah akun TikTok @yogojekyo, tampak pengoperasian motor listrik Gojek bermerek Electrum tidak jauh berbeda dengan motor biasanya. Cukup tekan tombol starter dan kendaraan bisa melaju.

Meski bertenaga listrik, di video ini juga tampak motor tidak membuat pengendaranya kesetrum ketika menerjang hujan bahkan banjir.

Pengisian baterai juga bisa dilakukan dengan melakukan penukaran baterai di sejumlah SPBU Jakarta Selatan berikut:

  • SPBU Kuningan
  • SPBU MT Haryono
  • SPBU Kemang
  • SPBU Permata Hijau
  • SPBU Gandaria
  • SPBU Fatmawati
  • SPBU Pondok Indah

"Motor listrik yang disediakan oleh Electrum ini perawatannya jauh lebih mudah dibandingkan motor biasa, misal tidak memerlukan penggantian aki dan oli," ujar Rubi.

"Bahkan, untuk motor listrik yang disediakan oleh Gogoro mitra bisa mendapatkan perawatan gratis di bengkel yang berlokasi di salah satu kantor operasional Gojek, dengan mekanik yang dilatih langsung oleh tim Gogoro," imbuhnya.

Smoot Tempur dilengkapi sistem tukar baterai dari SWAP yang dapat memudahkan mitra pengemudi Grab, sehingga tidak perlu menunggu lama saat melakukan pengisian daya.

Pengemudi Grab cukup menukarkan baterai di SWAP Poin yang telah disediakan di lebih dari 400 titik SWAP Poin yang tersebar melalui jaringan Alfamidi, Alfamart, dan Shell di area Jabodetabek.

SWAP juga bekerja sama dengan Circle K untuk menyediakan fasilitas penukaran baterai motor listrik di wilayah Bali.

Penukaran baterainya gratis, pengguna hanya perlu membayar tarif swap baterai menggunakan sistem kuota dengan tiga opsi, 100 km seharga Rp 20.000, 250 km seharga Rp 45.000, dan 500 km seharga Rp 80.000.

Bekerja sama dengan PLN, SWAP Energi juga akan memperluas jaringan SWAP Poin dengan menambahkan semakin banyak lagi titik strategis untuk pemilik Motor Listrik Smoot dan ke depannya untuk merek motor listrik lainnya.

Selain itu, Grab Indonesia berkolaborasi dengan PLN sedang mengembangkan infrastruktur Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

Ke depan, PLN dan Grab akan menyediakan SPBKLU sebanyak enam kabinet di empat lokasi di Jakarta. Sebanyak dua kabinet di PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya di Gambir, dua di PLN Bulungan, serta PLN Cempaka Putih dan PLN Kramatjati.

Sejauh ini di Jakarta Raya sudah ada 26 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 18 lokasi, dan enam unit SPBKLU di seluruh Jakarta.

Sebelumnya, kolaborasi Grab dan PLN juga dilakukan di Bali untuk penempatan tujuh kabinet SPBKLU di tujuh lokasi.

"Kami sudah membangun SPKLU dan SPBKLU yang ingin memfasilitasi pengisian listrik di luar rumah. Meski memang 85 persen pengisian di rumah," kata General Manager PLN UID Jakarta Raya Doddy B Pangaribuan dalam keterangan resmi, Kamis (7/4/2022).

 

https://money.kompas.com/read/2022/05/20/150500626/mencari-rezeki-tanpa-polusi-dengan-sunyi-bunyi-motor-listrik

Terkini Lainnya

Komersialisasi Gas di Indonesia Lebih Menantang Ketimbang Minyak, Ini Penjelasan SKK Migas

Komersialisasi Gas di Indonesia Lebih Menantang Ketimbang Minyak, Ini Penjelasan SKK Migas

Whats New
Mulai Mei 2024, Dana Perkebunan Sawit Rakyat Naik Jadi Rp 60 Juta Per Hektar

Mulai Mei 2024, Dana Perkebunan Sawit Rakyat Naik Jadi Rp 60 Juta Per Hektar

Whats New
KA Argo Bromo Anggrek Pakai Kereta Eksekutif New Generation per 29 Maret

KA Argo Bromo Anggrek Pakai Kereta Eksekutif New Generation per 29 Maret

Whats New
Mudik Lebaran 2024, Bocoran BPJT: Ada Diskon Tarif Tol Maksimal 20 Persen

Mudik Lebaran 2024, Bocoran BPJT: Ada Diskon Tarif Tol Maksimal 20 Persen

Whats New
Jumlah Investor Kripto RI Capai 19 Juta, Pasar Kripto Nasional Dinilai Semakin Matang

Jumlah Investor Kripto RI Capai 19 Juta, Pasar Kripto Nasional Dinilai Semakin Matang

Whats New
Libur Lebaran, Injourney Proyeksi Jumlah Penumpang Pesawat Capai 7,9 Juta Orang

Libur Lebaran, Injourney Proyeksi Jumlah Penumpang Pesawat Capai 7,9 Juta Orang

Whats New
Program Peremajaan Sawit Rakyat Tidak Pernah Capai Target

Program Peremajaan Sawit Rakyat Tidak Pernah Capai Target

Whats New
Cara Cetak Kartu NPWP Hilang atau Rusak Antiribet

Cara Cetak Kartu NPWP Hilang atau Rusak Antiribet

Whats New
Produsen Cetakan Sarung Tangan Genjot Produksi Tahun Ini

Produsen Cetakan Sarung Tangan Genjot Produksi Tahun Ini

Rilis
IHSG Melemah Tinggalkan Level 7.300, Rupiah Naik Tipis

IHSG Melemah Tinggalkan Level 7.300, Rupiah Naik Tipis

Whats New
Sempat Ditutup Sementara, Bandara Minangkabau Sudah Kembali Beroperasi

Sempat Ditutup Sementara, Bandara Minangkabau Sudah Kembali Beroperasi

Whats New
Sudah Salurkan Rp 75 Triliun, BI: Orang Siap-siap Mudik, Sudah Bawa Uang Baru

Sudah Salurkan Rp 75 Triliun, BI: Orang Siap-siap Mudik, Sudah Bawa Uang Baru

Whats New
Harga Naik Selama Ramadhan 2024, Begini Cara Ritel Mendapat Keuntungan

Harga Naik Selama Ramadhan 2024, Begini Cara Ritel Mendapat Keuntungan

Whats New
Mentan Amran Serahkan Rp 54 Triliun untuk Pupuk Bersubsidi, Jadi Catatan Sejarah bagi Indonesia

Mentan Amran Serahkan Rp 54 Triliun untuk Pupuk Bersubsidi, Jadi Catatan Sejarah bagi Indonesia

Whats New
Kasus Korupsi PT Timah: Lahan Dikuasai BUMN, tapi Ditambang Swasta Secara Ilegal

Kasus Korupsi PT Timah: Lahan Dikuasai BUMN, tapi Ditambang Swasta Secara Ilegal

Whats New
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke