Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jobseeker, Simak 10 Tips Ikut Job Fair Agar Sukses Dapat Pekerjaan

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada banyak cara yang bisa dilakukan para pencari kerja untuk mendapat pekerjaan. Misalnya dengan mendaftar di platform pencari kerja atau dengan cara mengikuti job fair atau bursa kerja.

Job fair adalah sebuah tempat atau wadah yang mempertemukan antara pencari kerja (jobseeker) dengan pemberi kerja (perusahaan). Terkadang, job fair menjadi ajang unjuk bakat antar pencari kerja.

Sesuai namanya, job fair adalah suatu event dimana berbagai perusahaan berkumpul menjadi satu dalam suatu venue untuk mencari kandidat-kandidat karyawan yang tepat secara langsung (on the spot).

Job fair atau bursa kerja adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh pencari kerja atau mereka yang sedang mencari lowongan kerja.

Bisa dikatakan, job fair adalah salah satu opsi yang cukup besar untuk memperoleh pekerjaan sesuai dengan apa yang diinginkannya.

Karena di ajang job fair, para pencari kerja bisa bertatap muka langsung dengan pihak perusahaan tempat dimana mereka mengajukan lamaran kerja.

Kesempatan untuk memperoleh pekerjaan pada kegiatan job fair pun cukup besar dibandingkan melamar pekerjaan melalui online.

Nah, untuk memaksimalkan acara tersebut, para pencari kerja perlu mengenali beberapa tips mengikuti job fair supaya mendapatkan pekerjaan.

Tips mengikuti job fair agar dapat pekerjaan

Dirangkum dari laman Gramedia.com, berikut beberapa tips mengikuti job fair yang perlu jobseeker perhatikan dan lakukan:

1. Kenali setiap perusahaan di job fair

Tips pertama yang perlu Anda lakukan ketika mengikuti job fair yakni perlu mengenali terlebih dahulu setiap perusahaan yang ikut dalam kegiatan job fair.

Pada umumnya, pihak penyelenggara kegiatan job fair akan memberikan informasi mengenai perusahaan-perusahaan mana saja yang akan hadir dalam kegiatan job fair.

Tugas yang perlu Anda lakukan yaitu mencari informasi mengenai profil perusahaan tersebut. Hal tersebut dilakukan supaya Anda bisa memahami secara jelas perusahaan itu. Serta dapat menguasai sesi tanya jawab ketika Anda sudah sampai pada tahap wawancara.

Mengenali terlebih dahulu profil setiap perusahaan pada kegiatan job fair adalah salah satu tips supaya berhasil dalam melamar pekerjaan di job fair.

2. Buat resume terbaru yang menarik

Bagi Anda yang hendak mengikuti kegiatan job fair, sebaiknya perbarui CV Anda apabila terdapat suatu pembaruan.

Sebab, ketika Anda hendak mengikuti kegiatan job fair secara langsung, maka tentunya Anda perlu nge-print terlebih dahulu. Namun, bila secara virtual Anda bisa menyajikan dalam bentuk soft file, nantinya dapat langsung Anda kirim ke perusahaan melalui sebuah email.

Curriculum Vitae atau biasa disebut dengan istilah CV adalah suatu hal penting dalam mencari pekerjaan. Oleh sebab itulah sebuah CV perlu untuk dipersiapkan secara baik, dan menarik mungkin.

Selain CV, pelamar kerja juga perlu mempersiapkan sebuah portofolio. Berdasarkan Career Enlightenment, mempersiapkan sebuah portofolio yang dapat ditunjukkan pada perusahaan adalah sesuatu hal yang sangat berguna, dan menjadi bahan pertimbangan ketika melamar pekerjaan.

3. Pastikan semua dokumen sudah lengkap

Tips mengikuti job fair yang selanjutnya yaitu memastikan semua dokumen sudah lengkap. Sebelum mengikuti kegiatan job fair, Anda diharapkan telah menyiapkan berbagai dokumen yang akan dibawa nantinya.

Dokumen lengkap itu terdiri dari surat lamaran, resume atau CV, ijazah terakhir, transkrip nilai, foto, KTP, sertifikat dan beberapa dokumen yang dapat menunjang lainnya, sudah lengkap.

Susun dokumen Anda secara rapi, supaya tidak berantakan, kemudian pasang klip, dan setelah itu dimasukan kedalam sebuah map. Dengan penyusunan dokumen yang rapi, membuat para pimpinan mudah untuk membaca semua datanya, dan tidak kesulitan dalam merekrut.

4. Jaga stamina tubuh dengan sebaik mungkin

Tips mengikuti job fair berikutnya yaitu menjaga kesehatan tubuh secara baik, hal itu karena kegiatan job fair sangatlah ramai, dan harga yang mengisi kerjaannya hanya itu.

Banyaknya perusahaan yang ikut berkontribusi dalam kegiatan job fair, maka pelamar yang mengikutinya pun juga cukup banyak. Tentunya aktivitas tersebut bisa membuat Anda merasa gerah, capek atau mudah lelah.

Karena itu, Anda perlu menyiapkan stamina tubuh dengan baik. Agar saat memperoleh lamaran Anda mendapatkan energi yang banyak dalam menuntaskan segala kegiatan lamaran kerja tersebut.

5. Berpakaian sopan dan rapi

Saat mengikuti kegiatan job fair, Anda perlu memastikan bahwa pakaian yang Anda kenakan telah rapi dan sopan. Janganlah Anda memakai pakaian seperti kaos dan juga celana jeans, karena tidak cocok atau tidak sesuai atau tidak pantas untuk dikenakannya.

Pada umumnya pakaian yang biasa digunakan untuk mengikuti job fair ini identik dengan pakaian formal yang rapi dan sopan.

6. Tentukan rute yang paling efektif

Tips mengikuti job fair yang keenam yaitu menentukan rute yang paling efektif. Pada kegiatan job fair, Anda akan menjumpai berbagai stan perusahaan. Anda, mungkin akan mengalami sebuah kondisi yang amat crowded bersama dengan job seeker lainnya.

Oleh karena itu, menentukan rute merupakan suatu hal yang cukup penting. Dari situlah, Anda dapat melihat denah yang biasanya telah disediakan oleh para penyelenggara pada pintu masuk.

Setelah Anda melihat denah tersebut, Anda dapat menentukan uritan stan perusahaan manakah yang akan Anda kunjungi terlebih dahulu. Ini dilakukan dengan tujuan supaya bisa lebih menghemat waktu, dan fokus ketika melamar pekerjaan yang telah Anda rencanakannya.

7. Tunjukkan semangat dan antusiasme yang tinggi

Tips mengikuti job fair supaya berhasil dalam melamar pekerjaan yang ketujuh ini yaitu menunjukkan rasa semangat dan antusiasme yang tinggi. Tidak lupa untuk tetap tersenyum dan menunjukkan semangat dan antusiasme ketika di rekrut.

Saat Anda bertanya kepada perekrut mengenai perusahaan, maka perlu untuk didengarkan secara baik. Perlunya menunjukan semangat, dan antusiasme yang memberikan kesan baik dan suatu hal yang penting. Sebab Anda perlu bersaing menghadapi berbagai ratusan job seeker lainnya.

8. Cari kesempatan bicara pada manajer HR

Tips mengikuti job fair agar sukses mendapatkan pekerjaan yaitu berbicara pada manajer HR perusahaan.

Bila ada sebuah kesempatan untuk berbicara kepada anggota senior maupun manajer HR ketika acara job fair, maka jangan sia-siakan kesempatan itu. Sebab, setiap anggota tim HR tentunya bisa memberikan Anda tentang semua informasi terkait perusahaan dan apa saja yang sedang dibutuhkan perusahaan.

Sementara itu, manajer HR merupakan salah satu orang yang mempunyai pengaruh cukup besar, sehingga dengan menunjukan secara langsung kepada manajer HR mengenai potensi diri Anda yang diperlukan oleh suatu perusahaan, dan tentunya Anda akan lebih dipertimbangkan kembali.

9. Gali potensi, dan jalin networking secara luas

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan supaya bisa sukses ketika melamar pekerjaan pada saat mengikuti kegiatan job fair yaitu menggali potensi, dan menjalin networking secara luas.

Sebelum Anda melamar pekerjaan, pastinya Anda perlu mengetahui potensi apa yang dapat Anda tunjukan saat melamar pekerjaan di job fair. Anda perlu menyiapkan sebuah perkenalan secara singkat mengenai diri sendiri dan juga latar belakang Anda.

Pada perkenalan singkat itu, Anda perlu untuk dapat membuat perekrut merasa tertarik atas keunikan dan juga potensi yang Anda miliki dalam dirimu. Seperti melatih gaya bicara supaya Anda tampak luwes dan lebih percaya diri saat memperkenalkan diri.

Anda juga perlu menjalin networking secara luas. Pada dunia karir, jalinan networking merupakan sesuatu yang amat penting. Mengikuti serangkaian acara job fair juga salah satu kesempatan yang dapat Anda lakukan guna memperluas networking.

Pastikan Anda memperoleh kartu nama dari setiap orang yang Anda jumpai ketika mengelilingi setiap stan perusahaan pada acara job fair tersebut. Kartu nama itu berguna saat Anda hendak memfollow up informasi mengenai sebuah lowongan pekerjaan dari perusahaan.

10. Jangan lupa apply dan follow up

Tujuan untuk mengikuti acara job fair tak lain yaitu untuk mencari dan memperoleh informasi serta apply pekerjaan.

Anda dapat mengirimkan sebuah lamaran kerja pada manajer HR dan menginformasikan bahwa Anda sudah memperoleh berbagai penjelasan mengenai perusahaan ketika job fair.

Anda juga dapat menjelaskan dan bahkan bisa memahami dengan baik apa yang perusahaan sedang butuhkan dan cari. Setelah itu, Anda bisa menjelaskan tentang semua potensi yang Anda miliki tersebut layak untuk menduduki posisi yang sedang dibutuhkan.

Selain itu, Anda juga perlu untuk melakukan follow up terkait pekerjaan yang Anda lamar. Masing-masing perusahaan mempunyai alur dan cara perekrutan dengan cermat. Anda bisa melakukan follow up lewat telepon, apabila memang dibutuhkannya.

Sumber: Gramedia.com

https://money.kompas.com/read/2022/05/23/212647726/jobseeker-simak-10-tips-ikut-job-fair-agar-sukses-dapat-pekerjaan

Terkini Lainnya

Kementerian PUPR Buka 26.319 Formasi CPNS dan PPPK 2024, Ini Rinciannya

Kementerian PUPR Buka 26.319 Formasi CPNS dan PPPK 2024, Ini Rinciannya

Whats New
[POPULER MONEY] Kartu Prakerja Gelombang 66 Dibuka | Luhut dan Menlu China Bahas Kelanjutan Kereta Cepat Sambil Makan Durian

[POPULER MONEY] Kartu Prakerja Gelombang 66 Dibuka | Luhut dan Menlu China Bahas Kelanjutan Kereta Cepat Sambil Makan Durian

Whats New
Ada Konflik di Timur Tengah, RI Cari Alternatif Impor Migas dari Afrika dan Amerika

Ada Konflik di Timur Tengah, RI Cari Alternatif Impor Migas dari Afrika dan Amerika

Whats New
Langkah PAI Jawab Kebutuhan Profesi Aktuaris di Industri Keuangan RI

Langkah PAI Jawab Kebutuhan Profesi Aktuaris di Industri Keuangan RI

Whats New
Akar Masalah BUMN Indofarma Belum Bayar Gaji Karyawan

Akar Masalah BUMN Indofarma Belum Bayar Gaji Karyawan

Whats New
Nestapa BUMN Indofarma, Sudah Disuntik APBN, tapi Rugi Terus

Nestapa BUMN Indofarma, Sudah Disuntik APBN, tapi Rugi Terus

Whats New
Tol Japek II Selatan Diyakini Jadi Solusi Kemacetan di KM 66

Tol Japek II Selatan Diyakini Jadi Solusi Kemacetan di KM 66

Whats New
Punya Gaji Tinggi, Simak Tugas Aktuaris di Industri Keuangan

Punya Gaji Tinggi, Simak Tugas Aktuaris di Industri Keuangan

Whats New
Nasib BUMN Indofarma: Rugi Terus hingga Belum Bayar Gaji Karyawan

Nasib BUMN Indofarma: Rugi Terus hingga Belum Bayar Gaji Karyawan

Whats New
Pembatasan Pembelian Pertalite dan Elpiji 3 Kg Berpotensi Berlaku Juni 2024

Pembatasan Pembelian Pertalite dan Elpiji 3 Kg Berpotensi Berlaku Juni 2024

Whats New
OJK Sebut 12 Perusahaan Asuransi Belum Punya Aktuaris

OJK Sebut 12 Perusahaan Asuransi Belum Punya Aktuaris

Whats New
OJK Cabut Izin Usaha BPR Syariah Saka Dana Mulia di Kudus

OJK Cabut Izin Usaha BPR Syariah Saka Dana Mulia di Kudus

Whats New
Ada Indikasi TPPU lewat Kripto, Indodax Perketat Pengecekan Deposit

Ada Indikasi TPPU lewat Kripto, Indodax Perketat Pengecekan Deposit

Whats New
Produk Petrokimia Gresik Sponsori Tim Bola Voli Proliga 2024

Produk Petrokimia Gresik Sponsori Tim Bola Voli Proliga 2024

Whats New
OJK Sebut Perbankan Mampu Antisipasi Risiko Pelemahan Rupiah

OJK Sebut Perbankan Mampu Antisipasi Risiko Pelemahan Rupiah

Whats New
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke