Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kode Bank BNI dan Cara Transfer Antarbank di ATM dengan Mudah

JAKARTA, KOMPAS.com – Kode bank seringkali dibutuhkan ketika nasabah akan melakukan transaksi transfer antarbank di ATM. Salah satu bank yang kerap menjadi tujuan transfer antarbank adalah bank BNI. Berapa kode bank BNI (kode transfer bank BNI)?

Kode bank BNI (kode transfer bank BNI) yang digunakan saat transfer beda bank adalah 009. Kode transfer bank BNI ini dimasukan bersama nomor rekening BNI yang menjadi tujuan transfer.

Sebagai informasi, kode bank adalah 3 nomor unik yang menjadi identitas dari sebuah bank. Setiap bank memiliki kode bank masing-masing yang berbeda-beda.

Misalnya, kode bank BNI atau kode transfer BNI adalah 009. Sedangkan kode bank BCA atau kode transfer BCA adalah 014, kode bank BRI yaitu 002, kode bank Mandiri yaitu 008, kode bank BTN yaitu 200, dan seterusnya.

Penggunaan kode bank BNI (kode transfer bank BNI) sendiri tidak hanya diperlukan saat transaksi di ATM saja. Terkadang, kode bank BNI juga diperlukan ketika nasabah akan melakukan pembayaran atau transaksi jual beli online di e-commerce.

Beberapa transaksi biasanya mengharuskan untuk melakukan pembayaran lewat transfer ke rekening bank berbeda atau tidak sama dengan rekening bank milik pembeli.

Untuk transfer antarbank dengan tujuan nomor rekening bank BNI, maka harus mengetahui berapa kode bank BNI (kode transfer bank BNI).

Kode bank BNI dan bank lainnya di Indonesia

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com sebelumnya, berikut daftar kode bank BNI (kode transfer bank BNI) dan bank lainnya untuk keperluan transfer antarbank:

Cara transfer antarbank menggunakan kode bank BNI

Sebagai ilustrasi, berikut ini adalah cara transfer antarbank di ATM dengan menggunakan kode bank BNI (kode transfer bank BNI). Misalnya, Anda nasabah bank BRI yang ingin melakukan transfer ke rekening bank BNI. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, masukkan kartu ATM BRI
  • Pilih Bahasa Indonesia dan masukkan PIN
  • Pilih menu lain
  • Pilih dari rekening tabungan
  • Lalu, pilih ke rekening bank lain
  • Masukkan angka 009 sebagai kode bank BNI (kode transfer bank BNI) dan diikuti dengan nomor rekening tujuan transfer
  • Maskukkan nominal transfer yang akan dikirim
  • Cek kembali informasi transfer Anda, lalu klik “Ya” jika sudah benar
  • Jangan lupa ambil kartu ATM di mesin

Nah, itulah informasi seputar kode bank BNI (kode transfer bank BNI) serta bank lainnya di Indonesia untuk keperluan transfer antarbank.

https://money.kompas.com/read/2022/05/23/235944426/kode-bank-bni-dan-cara-transfer-antarbank-di-atm-dengan-mudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke