Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

MLFF Bakal Gantikan E-Toll, Bank DKI: Kami Siap

Direktur Teknologi dan Operasional PT Bank DKI Amirul Wicaksono mengatakan, pada dasarnya MLFF memiliki konsorsium sendiri dalam pengerjaannya.

"Tapi saya yakin akan open nanti top up-nya. Kalaupun mau pakai uang elektronik kami siap dengan (uang elektronik) JakOne Pay. Tetapi kalau nanti dia (MLFF) top up-nya punya kanal sendiri, kami ikut saja," kata dia kepada media, Jumat (27/5/2022).

Ia menambahkan, dalam pengembangan MLFF memang diberikan hal mengelola kepada beberapa pihak. Namun, menurut informasi yang Amir miliki nantinya pembayaran MLFF bukan merupakan suatu sistem tertutup (close system).

"Jadi kami siapkan saja kapabilitas digital di Bank DKI, sehingga nanti interkoneksi dengan sistem mereka bisa berjalan dengan baik," urai dia.

"Kami ingin fokus di Bank DKI sendiri agar capable, untuk siap dengan teknologi itu siapapun yang akan kerja sama," imbuh dia.

Saat ini, Bank DKI juga memiliki kartu elektronik bernama Jakcard yang dapat digunakan sebagai pembayaran di jalan tol. Namun demikian, pengunaan Jakcard masih terbatas pada beberapa ruas tol saja, misalnya tol dalam kota, Jagorawi, dan ruas tol Jakarta-Tangerang.

Seperti diberitakan, Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan, adanya layanan transaksi MLFF membuat pengguna jalan tol tak perlu lagi mengantre di gerbang tol untuk melakukan tapping.

Dengan demikian, saat penerapan penuh sudah dilakukan pada 2024, otomatis penggunaan kartu tol tak lagi dibutuhkan.

"Masyarakat yang menggunakan jalan tol tidak lagi mendapati gate di gerbang tol, secara gradual gerbang tol juga akan ditiadakan. Kita akan memulai proses uji coba tahun ini, dan secara penuh diimplementasi pada 2024," ujar Danang, dikutip dari KompasTV, beberapa waktu lalu.

https://money.kompas.com/read/2022/05/27/174100226/mlff-bakal-gantikan-e-toll-bank-dki--kami-siap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke