Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Senin Diperkirakan Padat Imbas Rute Baru KRL, 3 Kereta "Standby" di Bukit Duri

VP Corporate Secretary PT Kereta Commuter Indonesia Anne Purba mengatakan, pada Senin mendatang diperkirakanakan terjadi kenaikan volume penumpang KRL. Meskipun pola operasi baru KRL sudah diberlakukan mulai hari ini.

"Untuk kereta yang beroperasi adalah 94 kereta, dengan ditambah 3 kereta standby untuk antisipasi kepadatan selama adaptasi yang kami siapkan di Bukit Duri agar akses ke Manggarai ini bisa dengan cepat kami tangani," ujarnya saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (27/5/2022).

Pasalnya, pada akhir pekan ini terdapat long weekend dan pekerja kantoran pun saat ini sudah diperbolehkan melakukan work from office 100 persen.

Pada hari biasa saja, ada sekitar 20.000-200.000 penumpang yang melakukan transit di Stasiun Manggarai sehingga dikhawatirkan adaptasi dengan pola operasi baru ini dapat menyebabkan kepadatan.

"Jadi kalau dari penumpang Bogor ya ini 60 persen biasanya dari total penumpang penumpang kita dan ada angka 40 persen yang melakukan transit Stasiun Manggarai

Pemberlakuan pola operasi KRL yang baru merupakan imbas dari pembangunan switch over kelima (SO 5) di Stasiun Manggarai.

Namun, selain mengubah rute KRL, KCI masih melayani total perjalanan KRL sebanyak 1.054 perjalanan seperti biasanya dan Stasiun Manggarai tetap beroperasi pukul 04.00-00.00 WIB.

Kecepatan perjalanan KRL juga meningkat dari 70 kilometer per jam menjadi 90 kilometer (km) per jam pada lintas Manggarai-Jakarta Kota dan menjadi 95 km per jam pada lintas Cikarang/Bekasi–Jatinegara.


Dengan adanya perubahan pola operasi KRL, maka nantinya rute KRL Bogor-Jatinegara akan dihapus sehingga KRL Bogor hanya melayani hingga Stasiun Jakarta-Kota.

KRL Cikarang/Bekasi juga dialihkan ke arah Sudirman, Tanah Abang, Duri, Kampung Bandan, Jatinegara dan kembali ke Cikarang.

Perubahan tersebut membuat penumpang KRL Bogor yang ingin turun di Stasiun Sudirman, Tanah Abang, Duri Kampung Bandan, hingga Jatinegara harus transit di Stasiun Manggarai.

Begitupun dengan penumpang KRL Cikarang/Bekasi yang akan ke Jakarta Kota harus transit di Stasiun Manggarai untuk berganti kereta tujuan Bogor-Jakarta Kota.

https://money.kompas.com/read/2022/05/28/190000726/hari-senin-diperkirakan-padat-imbas-rute-baru-krl-3-kereta-standby-di-bukit

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke