Salin Artikel

Kapitulis Zarry Hendrik: Ubah Kata Menjadi Cuan

Oleh: Nika Halida Hashina dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Saat ini, bermunculan banyak sekali bisnis berbasis digital yang menawarkan keestetikan. Industri kreatif yang kian berkembang ini tidak hanya berisi konten-konten dari seni visual, melainkan juga seni berkata-kata.

Salah satunya adalah bisnis rangkaian kata milik Zarry Hendrik yang pernah cukup fenomenal. Bisnis ini berangkat dari interaksi yang ia mulai di media sosial dengan maksud mempromosikan bukunya pada Maret 2019.

Bisnis ini ia beri nama Kapitulis. Zarry Hendrik pun membagikan kisahnya mengenai bagaimana cara ia mengelola bisnis ini menjadi cuan dalam siniar Cuan episode, “Rangkai Ucapan, Jadi Cuan”.

Zarry mengaku bahwa hal ini bermula dari keresahannya terhadap unggahan gambar yang tidak menyertakan takarir (keterangan foto atau gambar). Ia pun mengajak pengikutnya untuk memberikan foto yang berisi momen kebahagiaan dan akan ia balas dengan kata-kata.

Lelaki ini tidak menyangka bahwa antusiasnya sangat tinggi hingga banyak orang yang mulai tertarik untuk membayar jasanya dalam membuat kata-kata baik untuk takarir unggahan media sosial atau pesan pribadi ke orang terkasih.

Konsep Kapitulis dan proyek besar

Kapitulis dapat dikategorikan sebagai UMKM. Pada awal bisnis ini dibentuk, Zarry hanya berfokus pada permintaan personal seperti kebutuhan acara ulang tahun, pernikahan, dan anniversary.

Akan tetapi, lelaki ini merasa tertantang untuk memperluas bisnis ini ke ranah komersial yang lebih besar. Saat ini, Kapitulis juga sudah berhasil membesarkan namanya di kalangan merek dagang seperti nama produk, tagline produk, bahkan hingga nama perusahaan.

Selain itu, Kapitulis juga mulai menerima kebutuhan personal yang unik seperti nama anak, kata-kata untuk konsep pernikahan, bahkan tagar pernikahan.

Kapitulis juga berhasil menarik proyek-proyek besar seperti pemesanan untaian kata beserta desain visualnya, pesanan dari para influencer, atau kampanye dari kementrian.

Zarry sendiri mengakui target pasar Kapitulis sejak awal bukan orang, melainkan momennya. Namun, pada sejak pandemi hingga kini, Kapitulis menargetkan UMKM atau figur publik yang membutuhkan personal branding di media sosial.

Selain itu, hal yang Kapitulis unggulkan dalam bisnis ini antara lain kecepatan dalam membentuk rangkaian kata, teknik menulis, kemampuan story telling dan mencerna brief, hingga keadaan untuk membaca suatu situasi.

Zarry optimis bahwa bisnis ini akan terus memiliki pasar karena kebutuhan masyarakat akan penggunaan bahasa dengan berbagai tujuan. Tantangannya hanya datang dari stigma mengenai tulisan itu bisa diproduksi sendiri.

Padahal rangkaian kata yang baik juga bisa menghidupkan momen berharga dalam hidup seseorang.

Peluang Pekerjaan untuk Kamu yang Bisa Berkata-kata

Berikut adalah beberapa peluang pekerjaan untuk kamu yang jago bermain kata-kata dalam berbagai bidang dan kebutuhan yang berbeda-beda.

1. Penulis bidang bisnis

Pekerjaan ini sudah banyak dilakoni karena kebutuhan kata, baik formal atau informal, masih ada. Penulis pada bidang ini biasanya tergabung dalam suatu agensi yang menaungi, tetapi ada pula yang freelancer.

Tugas penulis ini adalah menulis untuk kebutuhan business plan (rencana pembukaan bisnis/ usaha), business model, proposal atau laporan proyek, branding produk, surat, presentasi, hingga marketing campaign.

Selain komunikasi bisnis pada suatu instansi, terdapat pula tawaran kebutuhan penulisan untuk kebutuhan personal. Contohnya, penulisan curriculum vitae dan cover letter.

2. Penulis bidang kreatif

Penulis bidang kreatif ini berbagai macam, dan biasanya lebih subyektif sesuai ekspresi penulis. Salah satunya adalah screenwriter yang bergerak sebagai kepala kreatif di balik perfilman atau pertelevisian.

Pekerjaan ini tidak mudah. Selain mengandalkan kreativitas, penulis juga dituntut untuk paham cara membuat struktur dasar screenplay, cara membuat karakter yang menarik dan perkembangannya, serta dialog yang engaging.

Karena sering kali menunjukkan ekspresi pribadi, penulis bidang ini juga harus siap dalam menghadapi berbagai kritik.

3. UX writer

Pekerjaan ini masih sangat hangat sejak memasuki era digital industri 4.0. Penulis UX bergerak di bidang website atau aplikasi guna memastikan bahwa user experience atau pengalaman penggunanya diatasi dengan baik.

Tentunya kedua pekerjaan ini membutuhkan skill di bidang teknologi. Melansir Kompas, Para UX Writer ini memiliki tugas untuk merangkai kata-kata yang akan ditempatkan di menu, tombol, label, hingga chatbot pada sebuah aplikasi sehingga dipahami oleh pengguna.

4. Content strategist

Penulis ini menggabungkan antara kemampuan menulis dan komunikasi dengan dengan kemahiran menganalisa dan perencanaan marketing. Mereka juga dituntut untuk dapat mengelola konten daring sebagai bagian dari promosi.

Content strategist mengaplikasikan prinsip dari Search Engine Optimization (SEO) dan analisis untuk mengetahui konten seperti apa yang bisa meningkatkan promosi atau tujuan yang diinginkan perusahaan.

5. Advertising copywriter

Pernah mendengar tagline produk atau iklan yang sangat ikonik di masyarakat? Pekerjaan Advertising Copywriter lah yang menciptakan tulisan untuk promosi daring, spanduk, hingga iklan di televisi atau radio.

Penulis ini bertugas untuk membuat orang tertarik pada layanan atau produk yang dipromosikan. Baik untuk slogan, billboard, jingle radio, atau iklan di sosial media, penulis ini harus mampu merangkum produk ke dalam beberapa kata saja.

Meski terlihat sederhana, penulis bagian ini bisa mendapatkan gaji luar biasa karena ide dan gagasan yang mereka tawarkan.

Kapitulis masuk jajaran kategori penulisan kreatif dan komersil, atau mungkin bisa berkembang untuk memenuhi kehbutuhan lainnya? Dengarkan cerita lengkap Zarry Hendrik dalam mengubah kata menjadi cuan hanya di siniar Cuan episode “Rangkai Ucapan, Jadi Cuan” di Spotify.

Jangan ketinggalan untuk mendengarkan episode menarik lainnya dari siniar Cuan seputar pengelolaan keuangan, investasi, hingga mendapatkan cuan dari berbagai lini pekerjaan!

https://money.kompas.com/read/2022/05/29/180000726/kapitulis-zarry-hendrik--ubah-kata-menjadi-cuan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.