Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bitcoin, Dogecoin, dan Ethereum Menguat, Cek Harga Kripto Hari Ini

Nilai mata uang kripto paling bersinar adalah Avalanche (AVAX) yang naik 5,01 persen pada level 26,2 dollar AS atau Rp 381.629 (kurs Rp 14.566 per dollar AS). Kemudian, Cardano (ADA) pada level 0,48 dollar AS atau menguat 3,6 persen, dan Polkadot (DOT) yang menguat 3,15 persen menjadi 9,9 dollar AS.

Kenaikan dilanjutkan oleh Solana (SOL) sebesar 1,7 persen menjadi 44,9 dollar AS. Kemudian, Dogecoin (DOGE) di posisi 0,08 dollar AS atau menguat 1,3 persen, dan Bitcoin (BTC) menguat 1,3 persen pada level 29.457 dollar AS.

Menyusul, Ethereum (ETH) pada posisi 1.814 dollar AS atau naik 1,2 persen. Sementara itu, Binance Exchange (BNB) terkoreksi 0,4 persen menjadi 306,59 dollar AS.

Pagi ini Tether (USDT) turun 0,01 persen pada posisi 0,9 dollar AS, sementara itu USD Coin (USDC) menguat 0,03 persen pada posisi 1 dollar AS. Sebagai informasi, USDT dan USDC merupakan mata uang kripto golongan stable coin atau jenis mata uang kripto yang dibuat untuk menawarkan harga yang stabil terhadap dollar AS.

Adapun kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam terakhir mencapai 1,2 triliun dollar AS atau naik 1,23 persen. Sementara itu, volume pasar kripto mencapai 50,24 miliar dollar AS atau naik 6,4 persen, dan volume stablecoin sebesar 42,36 miliar dollar AS yang mewakili 84,31 persen dari total aset kripto.

Mengutip Coindesk, dalam jangka pendek, harga kripto bisa stabil. Walau demikian, aksi short selling besar-besaran selama beberapa minggu terakhir, menandakan adanya tekanan pendek di minggu-minggu mendatang.

“Walau demikian, masih ada penyeimbang di akhir bulan yang dapat membantu pergerakan kripto," kata David Duong, kepala penelitian institusional di Coinbase, mengutip Coindesk.

Dan di sisi makro, MRB Partners, sebuah perusahaan riset investasi global, memprediksi pasar ekuitas akan segera pulih jika kondisi pertumbuhan global terbukti tangguh. MRB mengasumsikan ekspektasi suku bunga dan imbal hasil obligasi tetap tenang saat ini karena inflasi akan melambats sementara waktu.

“Kenaikan jangka pendek pada harga saham bisa menjadi penarik untuk kripto, dengan asumsi korelasi tinggi antara keduanya. Sebaliknya, mungkin penurunan harga kripto menandakan kenaikan terbatas pada saham karena sentimen risk-off berlaku,” ujar MRB.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual mata uang kripto. Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual mata uang kripto.

https://money.kompas.com/read/2022/05/30/083800326/bitcoin-dogecoin-dan-ethereum-menguat-cek-harga-kripto-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke