Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perluas Bisnis di Luar Negeri, BNI Gandeng KB Kookmin Bank

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama, yang dilakukan langsung oleh Direktur Treasury dan Internasional BNI Henry Panjaitan dengan Head of the Global Business Group KB Kookmin Bank Nam Hoon Cho.

Henry menjelaskan, kerja sama bisnis itu meliputi transaksi tresuri, kredit sindikasi, trade finance, pendanaan dalam mata uang lokal, dan pertukaran informasi nasabah yang ingin melakukan perdagangan atau berinvestasi di negara asal kedua bank tersebut.

"BNI terus berupaya meningkatkan peran sebagai bank global Indonesia dengan salah satu langkah strategisnya yaitu dengan bekerjasama dengan KB Kookmin Bank sebagai bank nomor satu di Korea Selatan," tutur dia dalam keterangan resmi, Senin (30/5/2022).

Selain mendapatkan manfaat transaksi bisnis antara kedua bank, Henry menambah, bank dengan kode emiten BBNI itu dapat memfasilitasi masuknya investasi dari Korea Selatan ke Indonesia.

"Ke depannya, kami berharap kedua bank dapat meningkatkan hubungan yang lebih erat sekaligus menghasilkan transaksi-transaksi bisnis yang saling menguntungkan kedua belah pihak," ujarnya.

Selain itu, kolaborasi itu juga mencakup pertukaran informasi nasabah, di mana BNI dapat memfasilitasi eksporitr-eksportir Indonesia untuk memperluas pasar di Korea Selatan.

"Dengan menghubungkan mereka kepada importir-importir Korea Selatan yang merupakan nasabah KB Kookmin Bank," ucap Henry.

Asal tahu saja, KB Kookmin Bank telah masuk ke pasar Indonesia sejak tahun 2018 dengan mengakuisisi saham Bank Bukopin, di mana hingga saat ini jumlah kepemilikan atas Bank Bukopin sebesar 67 persen.

https://money.kompas.com/read/2022/05/30/173000626/perluas-bisnis-di-luar-negeri-bni-gandeng-kb-kookmin-bank

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke