Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Biang Kerok Naiknya Harga Komoditas Pangan Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga penelitan Indonesia, Centre for Strategic and International Studies (CSIS) membeberkan penyebab naiknya harga komoditas pangan di Tanah Air.

Peneliti Departemen Ekonomi CSIS, Adinova Fauri mengatakan, faktor pemicunya diantaranya karena adanya pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19, sehingga memberi tekanan pada harga komoditas.

"Sebenarnya ada kemiripan antara efek dari krisis Covid-19 dengan krisis sebelumnya. Namun yang membedakan adalah rebound harga komoditas pada krisis Covid ini lebih cepat," ujarnya dalam CSIS Media Briefing secara virtual, Senin (30/5/2022).

Faktor berikutnya adalah adanya konflik Rusia-Ukraina yang mengakibatkan terhambatnya produksi dan pengiriman lintas batas sehingga menambah beban harga komoditas pangan.

Adinova menilai, karena tren harga komoditas pangan yang meningkat kemudian diikuti adanya konflik dua negara tersebut, banyak negara yang kekurangan pasokan komoditas di mana seharusnya mendapat pasokan dari dua negara yang tengah berkonflik itu. Sehingga mau tidak mau pemerintah di luar negara tersebut mengambil jalan restriksi ekspor komoditas yang gunanya untuk menjaga pasokan domestik.

"Seperti India melarang ekspor gandum, itu karena untuk menjaga kebutuhan negaranya, termasuk juga Indonesia melarang ekspor CPO karena untuk pemenuhan dalam negeri," katanya.

Lalu faktor yang ketiga adalah efek dari perubahan iklim. Adinova menjelaskan, perubahan iklim menambah tekanan pada supply agrikultur secara global.

Ia menilai cuaca ekstrim bisa menurunkan yield atau imbal hasil dari komoditas sehingga produksi tidak bisa memenuhi permintaan.

Oleh karena itu, terdapat beberapa rekomendasi kebijakan yang diutarakan Adinova. Pertama, pemerintah perlu memprioritaskan social protection atau bukan penetapan harga.

Menurutnya, hal ini untuk melindungi ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dari lonjakan harga komoditas pangan yang terjadi.

"Kemudian dari sisi supply, perlu memastikan ketersediaan pasokan komoditas. Menurut saya impor bisa jadi alternatif," pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2022/05/30/190900526/ini-biang-kerok-naiknya-harga-komoditas-pangan-indonesia-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke