Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sektor UMKM Lanjutkan Pemulihan, Kredit BRI Tumbuh 9,75 Persen per April 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyaluran kredit perbankan terus mengalami pertumbuhan pesat, seiring denga mulai pulihnya berbagai aktivitas perekonomian nasional.

Data Bank Indonesia (BI) menunjukan, kredit perbankan mengalami pertumbuhan sebesar 9,1 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada April 2022, lebih tinggi dibanding pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 6,67 persen.

Pertumbuhan pesat penyaluran kredit juga dirasakan oleh salah satu bank terbesar Tanah Air, yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI.

Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, sampai dengan April 2022, realisasi penyaluran kredit secara bank only tumbuh 9,75 persen secara yoy.

"Di atas rata-rata pertumbuhan kredit industri perbankan nasional," kata dia, kepada Kompas.com, Senin (30/5/2022).

Realisasi pertumbuhan itu utamanya ditopang oleh segmen kredit utama bank dengan kode emiten BBRI itu, yakni segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Aestika menyebutkan, kredit kepada segmen UMKM terus tumbuh, di mana segmen mikro tercatat mengalami pertumbuhan paling tinggi, yakni 15,61 persen secara yoy dan segmen kecil tumbuh 8,27 persen secara yoy.

"Saat ini porsi kredit UMKM BRI berada di kisaran 84 persen dan proporsi kredit UMKM BRI akan terus didorong naik hingga mencapai 85 persen," ujarnya.

Dengan melihat realisasi tersebut, BRI optimis kinerja kredit pada kuartal II tahun ini akan lebih baik dari kuartal sebelumnya yang mencatatkan pertumbuhan sebesar 7,4 persen.

"Mengingat di kuartal II terdapat momentum Ramadhan dan Lebaran, serta kian melandainya pandemi yang membuat normalisasi kegiatan ekonomi sosial dan masyarakat," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2022/05/30/204000826/sektor-umkm-lanjutkan-pemulihan-kredit-bri-tumbuh-9-75-persen-per-april-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke