Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jenius Rilis Dua Fitur Terbaru, Bantu Pengguna Kelola Uang Lebih Rapi

Split Pay memudahkan pengguna merevisi transaksi debit yang sudah dilakukan menjadi cicilan. Sementara Cicilan Jenius Pay memudahkan pengguna berbelanja di beragam e-commerce dengan menggunakan cicilan.

"Ini merupakan wujud dari komitmen Jenius untuk terus menghadirkan layanan finansial yang lengkap dan relevan dengan kebutuhan masyarakat digital savvy di Indonesia," ujar Digital Banking Business Product Head Bank BTPN Waasi B. Sumintardja dalam acara peluncuran secara virtual, Selasa (31/5/2022).

Menurutnya, terdapat kondisi dan situasi saat masyarakat digital savvy membutuhkan untuk melakukan transaksi dengan cicilan agar cash flow tetap terjaga dengan baik.

Misalnya, ketika mereka salah melakukan perhitungan saat membeli sesuatu atau adanya kebutuhan yang tiba-tiba datang dan belum diperhitungkan. Pada kondisi seperti itu, fitur terbaru yang dirilis Jenius dapat dimanfaatkan nasabah.

Waasi menjelaskan, kedua inovasi terbaru ini diluncurkan setelah Jenius melakukan survei yang melibatkan 116 responden dengan rentang usia 21–40 tahun mengenai perilaku masyarakat digital savvy dalam melakukan cicilan.

3 alasan utama transaksi dengan cicilan

Lewat survei itu ditemukan bahwa tiga alasan utama melakukan transaksi dengan cicilan adalah 38 persen untuk tetap mengelola cash flow dengan baik, 18 persen untuk mengurangi beban pembayaran, dan 16 persen karena mudah dilakukan.

Ia mengatakan, melihat hasil survei tersebut, Jenius ingin menyediakan layanan finansial yang lengkap dan terintegrasi, mulai dari fitur bertransaksi, menabung, berinvestasi, hingga pembayaran dengan metode cicilan.

"Sehingga pengguna bisa dengan mudah beralih antara pembayaran tunai dan kredit, memecah pembayaran online menjadi cicilan yang fleksibel, dan melacak semua pengeluaran dan cicilan pinjaman semuanya dapat dilakukan dalam satu aplikasi,” katanya.

Split Play

Secara khusus, Split Pay merupakan fitur yang membantu pengguna mengubah transaksi menjadi cicilan. Lewat fitur ini, transaksi pengguna bisa lebih terkelola , serta pengguna punya kebebasan untuk meringankan transaksi yang disesalkan dengan mengubahnya menjadi cicilan.

Ada banyak jenis transaksi yang bisa pengguna ubah menjadi cicilan dengan Split Pay, antara lain kirim uang ke Jenius, rekening Bank BTPN, atau bank lain. Selain itu, tarik tunai dengan m-Card, transaksi dengan Jenius QR, top up e-wallet, hingga pembelian mata uang asing dapat diubah menjadi cicilan.

Pengguna dapat mengubah transaksi yang telah terjadi menjadi cicilan dengan nilai minimum Rp 500.000 dan dalam periode transaksi yang dilakukan maksimal enam bulan ke belakang.

"Terkadang kita gegabah mengambil keputusan dan bertransaksi tanpa perhitungan matang. Di lain waktu kita menyesal telah mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli sebuah barang dan berharap bisa merevisi transaksi yang telah terjadi, sehingga cash flow berantakan karena keliru melakukan perhitungan," papar Waasi.

"Fitur Split Pay ini hadir sebagai solusi dari pain points ini sehingga pengguna dapat mengubah transaksi yang telah terjadi menjadi cicilan dan cash flow dapat tetap terjaga,” imbuhnya.


Cicilan Jenius Pay

Sedangkan, terkait Cicilan Jenius Pay merupakan fitur untuk membantu pengguna berbelanja online dengan cicilan. Saat ini, Jenius Pay telah terdapat pada lebih dari 60 platform belanja online.

Melalui fitur ini, pengguna dapat melakukan pembayaran dengan lebih mudah dan aman dengan menggunakan Jenius Pay, yaitu hanya dengan memasukkan $Cashtag pada merchant ketika check out tanpa perlu memasukkan informasi kartu debit atau kredit.

Jika sebelumnya, pengguna dapat memilih dua sumber dana ketika bertransaksi menggunakan Jenius Pay, yaitu dari e-Card atau x-Card, namun kini pengguna juga bisa memilih Flexi Cash sebagai sumber dana ketika bertransaksi di platform belanja e-Commerce menggunakan Jenius Pay.

"Split Pay dan Cicilan Jenius Pay ini terhubung dengan Flexi Cash sebagai pilihan metode dan sumber dana pembayaran yang dapat dipilih oleh nasabah sesuai preferensi dan keadaan,” jelas dia.

Adapun Flexi Cash merupakan dana fleksibel yang proses dan penarikannya dapat dilakukan secara fully-digital melalui aplikasi Jenius. Pengguna dapat memiliki limit Flexi Cash hingga Rp200 juta.

Flexi Cash juga memiliki beragam fleksibilitas seperti dapat secara fleksibel ditarik berkali-kali, fleksibel memilih jumlah penarikan, fleksibel memilih tenor cicilan mulai dari 1 bulan hingga 36 bulan, dan adanya kemudahan membayar cicilan secara otomatis sesuai jadwal dari saldo aktif.

https://money.kompas.com/read/2022/05/31/191500126/jenius-rilis-dua-fitur-terbaru-bantu-pengguna-kelola-uang-lebih-rapi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke