Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pesan Sri Mulyani di Hari Lahir Pancasila: Bangkitkan Kembali Semangat Juang

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila.

Penetapan Hari Lahir Pancasila sebagai Hari Libur Nasional bertujuan agar pemerintah, masyarakat, dan seluruh komponen bangsa senantiasa mengingat Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Hari Lahir Pancasila turut dimaknai oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Dia ingin seluruh masyarakat memaknai Hari Lahir Pancasila dengan membangkitkan semangat juang.

"Mari maknai peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun ini dengan membangkitkan kembali semangat juang bersama agar kita mampu membangun peradaban tak hanya bagi bangsa Indonesia, tetapi juga umat manusia di dunia," kata Sri Mulyani dalam Instagram resmi @smindrawati, Rabu (1/6/2022).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menuturkan, pancasila adalah pondasi dari bangunan bernama negara Indonesia. Ideologi ini menjadi landasan yang mengedepankan lima sila.

"Sebuah landasan yang mengedepankan ketuhanan, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan seluruh rakyat Indonesia untuk mencapai kemakmuran yang berkeadilan sosial," tuturnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, lahirnya pancasila telah membawa peradaban sehingga hari ini Indonesia masih berdiri tegap sebagai negara yang merdeka dan berdaulat.

"Meski dalam perjalanannya, begitu banyak tantangan yang dilalui, namun kita tetap bertahan dan bahkan bangkit lebih kuat. Ini adalah bukti bahwa Indonesia adalah bangsa yang ulet," sebut Sri Mulyani.

https://money.kompas.com/read/2022/06/01/101000726/pesan-sri-mulyani-di-hari-lahir-pancasila--bangkitkan-kembali-semangat-juang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke