Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengguna Paylater Diprediksi Meningkat hingga 200 Persen pada 2024

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira memprediksi penggunaan paylater akan meningkat hingga 200 persen di 2024 dibandingkan Kuartal I-2022.

Pasalnya, masih ada 47 juta penduduk Indonesia yang berstatus underbank atau sudah memiliki rekening bank tapi belum diberikan fasilitas pinjaman kredit yang bisa disasar oleh penyedia paylater.

"Saya lihat ke depan sampai 2024, paylater ini akan meningkat dua kali lipat atau 200 persen dari kondisi eksisting dari tahun 2022 Kuartal I," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (2/6/2022).

Berdasarkan survei Kredivo dan Katadata, paylater menjadi metode pembayaran favorit ketiga di e-commerce setelah e-wallet dan transfer bank per Maret 2022.

Sebanyak 38 persen responden menggunakan metode pembayaran ini dalam setahun terakhir, angka ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang tumbuh 28 persen.

Kemudian, hanya 5 persen responden yang menggunakan paylater dengan alasan sekadar coba-coba. Artinya 95 persen lainnya menggunakan paylater dengan kesadaran penuh bahwa dirinya membutuhkan fitur pembayaran ini untuk memenuhi kebutuhannya.

Oleh karenanya, dia berpendapat ke depannya paylater akan menjadi fitur yang wajib ada untuk pembayaran di e-commerce, edutech, hingga healthtech.

"Kalau pembelian barangnya tidak ada fitur paylater, dia akan ditinggalkan atau dianggap ketinggalan karena fasilitasnya dinilai tidak lengkap. Ini sudah seperti fitur yang wajib ada," jelasnya.

Pertumbuhan pengguna paylater saat ini bahkan lebih tinggi dari pertumbuhan pengguna kartu kredit. Pengguna paylater tumbuh 38 persen per Maret 2022, sedangkan kartu kredit pertumbuhannya hanya 6 persen.

"Ke depan masih akan terus meningkat penggunaan paylater-nya dan yang surprising (mengejutkan) sudah jauh melampaui penggunaan kartu kredit," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2022/06/02/210000926/pengguna-paylater-diprediksi-meningkat-hingga-200-persen-pada-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke