Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Tenaga Honorer Dihapus, Diganti "Outsourcing" | Kriteria Pembeli Pertalite dan Solar dengan MyPertamina

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB) akan mengapus sistem tenaga honorer mulai November tahun 2023.

Terkait dengan hal tersebut, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo mengatakan, pihaknya akan merekrut pekerja alih daya atau outsourcing sebagai tenaga tambahan untuk ditempatkan di instansi yang membutuhkan, menggantikan sistem pegawai honorer.

"Dalam hal instansi pemerintah membutuhkan tenaga lain seperti pengemudi, tenaga kebersihan dan satuan pengamanan dapat dilakukan melalui tenaga alih daya (outsourcing)," ujar Tjahjo dalam surat edaran Selasa (31/5/2022).

Tjahjo mengatakan, untuk posisi yang nantinya akan diisi oleh pihak ketiga, akan diajukan oleh pejabat pembina kepegawaian di Kementerian dan Lembaga. Namun tenaga alih daya tersebut bukanlah berstatus tenaga honorer.

"Tenaga alih daya oleh pihak ketiga dengan status outsourcing tersebut bukan merupakan tenaga honorer pada instansi yang bersangkutan," ujar Tjahjo.

Selengkapnya klik di sini. 

2. Pembelian Pertalite dan Solar Bakal Pakai MyPertamina, Bagaimana Kriteria Pembelinya?

Pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yakni Solar dan Pertalite direncanakan bakal menggunakan aplikasi MyPertamina. Hal ini untuk memastikan penyaluran Solar dan Pertalite bisa tepat sasaran.

Lalu bagaimana kriteria konsumen yang bisa membeli Solar dan Pertalite?

Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T Pertamina Irto Ginting mengatakan, rencana penggunaan MyPertamina dalam pembelian Solar dan Pertalite hingga saat ini masih terus dipersiapkan.

Terkait kriteria yang berhak membeli Solar dan Pertalite, menurutnya, saat ini Pertamina bersama pemerintah juga masih melakukan pembahasan untuk menentukan kriteria yang tepat.

"Jadi masih dalam proses, yang utama saat ini adalah penentuan kriteria penerima subsidi," ujarnya kepada Kompas.com, dikutip Kamis (2/6/2022).

Selengkapnya klik di sini.


3. Berbincang 2,5 Jam, Apa Saja yang Dibahas Luhut dan Tony Blair?

Sepulang lawatan dari Jerman dan Belanda, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menerima kunjungan eks Perdana Menteri Inggris, Tony Blair, di kediamannya. Luhut dan Tony Blair berbincang sekitar 2,5 jam.

Hal tersebut terungkap melalui unggahan Luhut di media sosial Instagram dan Facebook.

"Hampir dua setengah jam lamanya kami bertukar pandangan mengenai situasi geopolitik dunia saat ini, peluang investasi global, serta peran strategis Indonesia di tingkat kawasan dan global yang menurutnya punya peran yang patut diperhitungkan," ujar Luhut, dikutip dari unggahan Instagram-nya, Kamis (2/6/2022).

Selengkapnya klik di sini.

4. Line Today Dikabarkan PHK Karyawan, Ini Tanggapan Manajemen

Startup telekomunikasi asal Korea Selatan LINE membantah adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada 80 karyawannya di Indonesia.

Hal ini menyusul adanya cuitan di media sosial Twitter yang diposting oleh pengguna Twitter @ecommurz.

"Line Indonesia reportedly shut LINE today down and laid off~80 people. Those impacted already notified 2 weeks ago," cuitnya dalam akun Twitternya @ecommurz dikutip Kompas.com, Kamis (2/6/2022).

Menanggapi hal itu Country Manager, LINE Indonesia Fanny Verona mengatakan, saat ini LINE tengah melakukan langkah strategis untuk kembali fokus pada bisnis teknologi keuangan (fintech) di Indonesia.

"Tentu saja, kami masih berkomitmen untuk pasar Indonesia, dan kami tetap akan menyediakan layanan messenger LINE kepada pengguna kami sama seperti sebelumnya. Sejalan dengan arah bisnis strategis kami, kami akan menetapkan sumber daya perusahaan kami dan adapun kami mengonfirmasi jika jumlah 80 orang yang tersiar tidak benar," ujarnya dalam keterangannya kepada Kompas.com, Kamis (2/6/2022).

Selengkapnya klik di sini. 

5. Usai Turun, Harga Emas Antam Hari Ini Melonjak Rp 5.000 Per Gram

Harga emas batangan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk melonjak Rp 5.000 per gram pada hari ini, Kamis (2/6/2022), berbalik setelah tiga hari berturut sebelumnya mengalami penurunan.

Mengutip laman Logam Mulia, harga emas Antam hari ini menjadi dibanderol senilai Rp 984.000 per gram, naik dari sebelumnya yang seharga Rp 979.000 per gram.

Pada harga buyback terpantau naik Rp 4.000 per gram menjadi Rp 865.000 per gram dari sebelumnya Rp 861.000 per gram. Buyback adalah harga yang di dapat jika pemegang emas Antam ingin menjual emas batangan tersebut.

Selengkapnya klik di sini.

https://money.kompas.com/read/2022/06/03/052101126/populer-money-tenaga-honorer-dihapus-diganti-outsourcing-kriteria-pembeli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke