Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenaker Buka Pintu Lebar-lebar Kritik dan Saran Agar Sektor Ketenagakerjaan RI Lebih Baik

JAKARTA, KOMPAS.com - Dirjen PHI & Jamsos Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), Indah Anggoro Putri mengatakan, segala permasalahan ketenagakerjaan harus mengedepankan penyelesaian melalui dialog sosial. Terpenting bagi pemerintah adalah terpenuhinya kepentingan pekerja/buruh dan pengusaha agar menemukan win-win solution bagi semua pihak.

Putri bilang, salah satu embrio penyebab timbulnya gejolak hubungan industrial adalah keluh kesah pekerja. Keluh kesah pekerja secara perorangan apabila tidak segera ditanggapi atau disikapi secara baik, dapat berkembang menjadi keluh kesah kelompok.

Hal ini dapat meningkat menjadi perselisihan hubungan industrial yang ada kalanya diikuti dengan mogok kerja.

"Salah satu tantangan terbesar hubungan industrial saat ini adalah bagaimana memposisikan pekerja/buruh itu sebagai mitra strategis dengan tetap menjunjung tinggi kewajiban dan hak masing masing. Apabila hal ini dilaksanakan, pasti akan berdampak positif dan niscayalah dunia perburuhan akan selalu harmonis dan dinamis," ujarnya dalam Seminar Nasional Dialog Sosial, dikutip dari siaran persnya, Jumat (3/6/2022).

Putri pun bilang, pemerintah membuka pintu lebar-lebar dan bersedia mendengarkan semua saran dan kritik yang sifatnya membangun agar dunia ketenagakerjaan menjadi lebih baik. Pihaknya juga mengajak pengusaha, serikat pekerja/serikat buruh berkomitmen untuk dapat menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi dengan berdialog untuk mencari solusi terbaik.

Kemenaker lanjut Putri, mengajak para pengusaha maupun organisasi serikat pekerja/serikat buruh berkolaborasi meningkatkan kemampuan pekerjanya agar selalu dapat terus mengikuti perkembangan dan perubahan yang begitu cepat dan dinamis saat ini.

Misalnya dengan bekerja sama dan mengikuti berbagai pelatihan vokasi di Balai Latihan Kerja (BLK) Kemenaker yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

"Kolaborasi ini akan memberi keuntungan dan kemajuan bagi semua pihak, pekerja memperoleh skill dan bisa terus bekerja dan produktif. Sedangkan, perusahaan dapat memperoleh peningkatan produktivitas dan pemerintah terbantu dengan adanya peningkatan perekonomian dan kesejahteraan pekerja dan masyarakat," katanya.

Selama ini, Kemenaker bersama-sama serikat pekerja atau buruh dan pengusaha terus-menerus menjalin komunikasi intensif dalam menghadapi kondisi hubungan industrial yang semakin dinamis dengan menjalin kemitraan strategis serta mengedepankan dialog sosial.

"Prinsip ini diyakini mampu menjadi solusi dalam memperjuangkan kepentingan buruh dan menciptakan kelangsungan usaha," ujarnya.

https://money.kompas.com/read/2022/06/03/190900526/kemenaker-buka-pintu-lebar-lebar-kritik-dan-saran-agar-sektor-ketenagakerjaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke