Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Permudah Petani Distribusikan Hasil Pertanian, Kementan Bangun JUT di Kemukus

KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) berhasil merealisasikan program Jalan Usaha Tani (JUT) bagi Kelompok Tani Sido Makmur di Desa Kemukus, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Jateng).

Adapun JUT yang dibangun memiliki panjang 178 meter (m), lebar 2,25 m, dan tinggi 0,25 m.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, tujuan pembangunan JUT adalah untuk mempermudah akses para petani dalam memperluas jalur distribusi hasil pertanian serta meningkatkan pendapatan petani

"JUT merupakan salah satu program strategis yang dilaksanakan melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP)," ujar Syahrul dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (4/6/2022).

Direktur Jenderal (Dirjen) PSP Kementan Ali Jamil menjelaskan, prasarana dan sarana pertanian, seperti JUT pada pertanian era modern dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas.

"Untuk memenuhi persyaratan penggunaan alat dan mesin pertanian (alsintan) serta pengangkutan sarana produksi serta hasil panen diperlukan fasilitas jalan, jembatan, juga kelengkapannya yang memadai," terang Ali.

Ali menambahkan, majunya sistem pertanian tak hanya ditandai dengan modernisasi pertanian saja, tetapi juga meningkatnya produktivitas dan kesejahteraan para petani.

Adapun dalam konteks sistem pertanian modern, lanjut Ali, diperlukan penambahan maupun penyempurnaan sarana dan prasarana pertanian. Hal ini agar dapat menunjang usaha tani, mengangkut sarana produksi pertanian (saprodi) dan hasil pertanian, baik dari maupun menuju lokasi.

"JUT akan mempermudah akses alsintan serta alat angkut lainnya yang dapat menjangkau area persawahan. Jalan pertanian ini akan memutus biaya produksi yang besar dan memberi banyak manfaat untuk petani,” tuturnya.

Ali mengatakan, pembangunan JUT merupakan salah satu upaya menuju pertanian modern serta berwawasan agribisnis.

“Oleh karena itu, memerlukan penambahan maupun penyempurnaan prasarana dan sarana pertanian yang menunjang,” kata Ali.

https://money.kompas.com/read/2022/06/04/131242926/permudah-petani-distribusikan-hasil-pertanian-kementan-bangun-jut-di-kemukus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke