Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berawal dari Hobi Mendekor Rumah, Sismi Kini Punya 4 Karyawan

Begitu pula awal cerita dari Sismi Rahayu, pemilik dari homedecoryogya.

Berawal dari mengisi waktu dengan kegiatan merapikan rumah dengan mendekorasi isi rumah hingga mencoba membuat hiasan dinding, terbesit dalam pikiran Sismi dan suami untuk menjual produk-produk tersebut.

Berangkat dari kegemarannya akhirnya Sismi Rahayu memutuskan untuk mendirikan homedecoryogya bersama sang suami pada tahun 2020.

Sismi menceritakan, dirnya  merupakan ibu rumah tangga.  Ia memanfaatkan waktu luang untuk memikirkan peluang yang dapat diciptakan melalui kreativitasnya dalam mendekorasi rumah.

Mengetahui bahwa perilaku belanja masyarakat yang mulai bergerak ke ranah digital untuk memenuhi kebutuhan, Sismi juga mempelajari bagaimana mengawali bisnis dan strategi mengembangkan bisnis dengan belajar cara berjualan di Shopee.

Setelah merasa paham dengan pola kerja Shopee, Sismi kemudian mengajak perajin lokal untuk menciptakan barang yang diinginkan.

Kreativitasnya dalam menciptakan ragam produk berangkat dari situasi di tengah pandemi dimana banyak dihabiskan di rumah. Sehingga Sismi berusaha menciptakan produk yang dapat menjadikan rumah sebagai tempat yang lebih nyaman rapi dan terlihat estetik dengan bahan dasar kayu pinus natural dan jati Belanda.

“Dimulai dari dua orang, saat ini homedecoryogya telah memiliki empat karyawan serta memberdayakan sepuluh pengrajin lokal. Saya senang dan bangga sekali dapat mengangkat produk buatan lokal melalui homedecoryogya dan memberikan kesempatan bagi karya para pengrajin lokal untuk dapat didistribusikan dan bermanfaat untuk konsumen yang berasal dari segala penjuru Indonesia,” ujar Sismi dalam bincang-bincang Shopee yang diselenggarakan secara virtual belum lama ini.

Memang diakui Sismi, proses mendirikan serta mengembangkan bisnis di tengah pandemi bukanlah hal yang mudah. Meskipun begitu, semangat Sismi tidak pernah padam.

“Bisnis ini terus berinovasi dan menawarkan berbagai pilihan kreasi produk dari bahan dasar kayu seperti stand laptop, Rak Bambu, Pigura, Rak Baju gantung dan masih banyak lagi,” kata Sismi.

Lewat bisnis ini, Sismi memberikan kesempatan bagi pengrajin lokal untuk kembali bangkit dan terus berkembang setelah terkena dampak signifikan dari situasi pandemi.

Sebelum memulai bisnis, Sismi sudah terlebih dahulu mempelajari berjualan di Shopee.

Sadar akan pentingnya strategi pemasaran dalam ranah digital untuk memperluas jangkauan pasar, Sismi pun mulai mempelajari kiat-kiat strategi pemasaran melalui berbagai sumber di internet secara otodidak.

Selain memanfaatkan sosial media untuk promosi bisnis yang baru ia bangun, Sismi juga langsung bergabung dengan Shopee untuk memperkuat online presence serta mempermudah akses konsumen berada untuk mendapatkan rangkaian produk yang tersedia di homedecoryogya.

Dengan jangkauan luas yang ditawarkan oleh media sosial dan juga Shopee, homedecoryogya semakin mudah dikenal dan diminati oleh konsumen. Hal ini berpengaruh dengan meningkatnya omzet penjualannya.

Meskipun homedecoryogya berkembang dengan pesat, Sismi tetap terus berusaha untuk meningkatkan performa bisnisnya, salah satunya dengan belajar mengenai kiat mengelola bisnis melalui Kampus Shopee.

Ragam upaya dilakukan oleh Sismi untuk terus mengembangkan bisnisnya, salah satunya dengan memanfaatkan ragam fitur dan alat yang ditawarkan oleh Shopee.

Sismi juga senantiasa memanfaatkan berbagai program serta inovasi di Shopee, khususnya berbagai fitur promo serta kampanye yang Shopee hadirkan.

Homedecoryogya sering berpartisipasi dalam setiap kampanye yang dihadirkan oleh Shopee. Menurut Sismi, kampanye berbeda yang dihadirkan setiap bulannya tidak hanya memberikan keuntungan bagi pembeli, tetapi juga untuk pelaku usaha.

Partisipasi homedecoryogya dalam banyak kampanye telah membantu memperkuat online presence di ranah digital serta membantu meningkatkan pesanan hingga 2 kali lipat terhadap produk-produknya.

Selain membantu dari sisi penjualan, Sismi merasa bahwa Shopee juga memberikan pendampingan penuh bagi para penjual untuk terus belajar dan berinovasi guna mengikuti perubahan zaman khususnya berjualan secara online.

Ia yang awalnya tidak paham betul tentang teknologi, kini sudah mahir menjalankan bisnis secara online.

Berkat strategi serta semangat yang dilakukan untuk terus berkembang dan memperluas jangkauan, homedecoryogya kini telah dikenal dengan baik oleh masyarakat Indonesia sebagai produk lokal dengan kualitas bersaing.

Selain terus memperhatikan strategi pemasaran, Sismi juga terus memperhatikan perkembangan tren sehingga bisnis yang dimilikinya dapat terus beradaptasi dengan kemajuan industri dan dapat memiliki daya tarik serta saing yang tinggi.

Salah satunya dengan terus berinovasi menghadirkan ragam produk yang dapat memenuhi segala preferensi konsumen yang berbeda-beda.

Saat ini, melihat tren dekorasi serta desain rumah yang mengusung konsep minimalis mendorong Sismi untuk menyediakan berbagai produk dengan model yang simple namun cantik yang berbahan dasar kayu.

“Sejak berjualan online bersama di Shopee, penjualan saya mengalami peningkatan yang cukup signifikan, khususnya saat mengikuti program kampanye yang dihadirkan Shopee, penjualan bisa naik hingga 50 persen," kata Shimi.

Bagi Shimi, melakukan usaha yang tumbuh dari kegemaran sangat menyenangkan karena akan senantiasa merasa terdorong untuk terus berkreasi dan berinovasi, menciptakan produk-produk yang tidak hanya dirasakan memiliki nilai jual tinggi namun juga dapat bermanfaat untuk banyak orang.

"Selain itu, selalu jaga kualitas dan nilai produk juga menjadi hal yang perlu diperhatikan agar brand yang kita miliki dapat lebih diingat dan diminati oleh pelanggan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan menambah wawasan serta mengenali dengan baik tren yang diminati konsumen, dengan itu kita bisa meraih konsumen baru dan mendorong pelanggan lama untuk tetap loyal pada brand kita," pungkas dia.

https://money.kompas.com/read/2022/06/05/171000226/berawal-dari-hobi-mendekor-rumah-sismi-kini-punya-4-karyawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke