Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Salah Satu Penyebab Biaya Pernikahan Mahal

Sebenarnya pesta pernikahan bisa saja digelar seadanya atau bahkan tidak menggelar resepsi sama sekali. Namun hal itu kerap berlawanan dengan keinginan orang tua yang ingin pesta pernikahan dengan mengundang banyak kerabat.

Hal inilah yang membuat generasi muda kerap bertanya-tanya kenapa biaya pernikahan di Indonesia sangat mahal.

Menurut Personal Financial Planner Adrian Irwandika, keberadaan media sosial menjadi salah satu penyebab mahalnya biaya pernikahan.

Ia mengatakan media sosial membuat ekspektasi masyarakat Indonesia cukup tinggi terhadap pesta pernikahan yang diinginkan. Di media sosial, masyarakat juga kerap melihat mewahnya pesta pernikahan para selebriti maupun tokoh terkenal.

Selain itu, masyarakat juga kerap berlomba memamerkan pesta pernikahan yang mewah di media sosial. Hal itu dinilai memicu orang lain untuk menunjukkan hal sama karena faktor gengsi.

Soal investasi untuk pasangan yang baru menikah, simak video selengkapnya di sini. 

Ekspektasi masyarakat Indonesia yang tinggi terkait pernikahan membuat vendor-vendor acara pernikahan berlomba menawarkan pesta pernikahan terbaik dengan biaya yang mahal.

Adrian mengatakan setiap vendor pernikahan terus meningkatkan kualitasnya agar dapat bersaing dengan vendor-vendor lain.

"Didukung media sosial, orang terpapar dengan pernikahan bagus. Akhirnya, biaya dari vendor-vendor itu jadi meningkat karena mereka masing-masing mau meningkatkan standar kualitasnya," ujarnya dalam YouTube Generasi Cuan Kompas.com, Senin (6/6/2022).

Soal mahalnya biaya pernikahan, simak video selengkapnya di sini. 

"Karena industrinya sudah jadi seperti itu. Mau kita cari vendor yang semurah mungkin tetap mereka sudah punya market price-nya," ucapnya.

Meski begitu kata Adrian, saat ini generasi muda bisa melangsungkan pernikahan dengan biaya lebih murah. Hal itu lantaran situasi pandemi Covid-19 saat ini.

Selama dua tahun belakangan, pemerintah tidak memperbolehkan mengadakan pesta pernikahan dalam skala besar sehingga hal ini dapat dimanfaatkan untuk menekan biaya pernikahan.

"Jadi ada alasan kalau mau tidak mengundang orang banyak. Biarkan datang yang online atau streaming saja. Itu bisa jadi opsi supaya tidak mengundang banyak tamu sehingga biaya bisa ditekan," tuturnya.

https://money.kompas.com/read/2022/06/07/165528326/ini-salah-satu-penyebab-biaya-pernikahan-mahal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke