Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Tips agar Terhindar dari Modus Penipuan Siber yang Semakin Beragam

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk atau BCA membagikan sejumlah tips kepada nasabah agar dapat terhindar dari praktik penipuan siber atau digital yang semakin beragam bentuknya.

Asal tahu saja, platform media sosial Twitter sempat diramaikan dengan unggahan seorang netizen yang terkena penipuan sebesar Rp 118 juta karena mengklik iklan palsu di Instagram tentang ajakan upgrade menjadi nasabah Prioritas BCA.

EVP Individual Customer Business Development BCA Adrianus Wagimin mengatakan, hal tersebut mendorong perseroan untuk secara berkelanjutan dan konsisten memberikan edukasi kepada nasabah untuk senantiasa berhati-hati terhadap berbagai modus penipuan yang ada.

“Sebagai informasi, nasabah BCA Solitaire dan Prioritas merupakan suatu keanggotaaan (membership) yang bersifat exclusive dan undangan,” kata dia, dalam keterangannya.

Agar dapat terhindar dari praktik-praktik penipuan lain, Adrianus membagikan sejumlah tips yang dapat diingat nasabah.

Pertama, nomor telepon Halo BCA adalah 1500888 tanpa awalan 021, +62, dan sebagainya, serta nomor resmi WhatsApp bank BCA itu adalah 08111500998 dengan centang hijau.

“Selain itu, nasabah harus waspada itu penipuan,” kata Adrianus.

Kedua, akun resmi Instagram BCA hanya @GoodlifeBCA. Cek semua akun resmi media sosial BCA pada https://www.bca.co.id/en/tentang-bca/media-riset/Social-Media

Ketiga, website resmi BCA adalah www.bca.co.id dan Website BCA Solitaire dan Prioritas adalah https://prioritas.bca.co.id/ serta aplikasi BYC Apps.

Keempat, keanggotaan BCA Solitaire dan Prioritas hanya bisa didapatkan melalui syarat dan ketentuan tertentu dan undangan dari pihak BCA secara langsung melalui surat resmi kepada nasabah.

“Jadi, jika ada pihak lain yang menawarkan jasa upgrade menjadi nasabah BCA Solitaire dan Prioritas melalui media sosial (Instagram, Facebook, atau Whatsapp), sudah pasti itu penipuan,” tutur Adrianus.

Kelima, nasabah perlu waspada dengan link palsu, jangan di klik, apalagi mengisi data-data pribadi Anda.

“BCA tidak pernah meminta nasabah untuk mengisi data-data pribadi melalui sarana apapun termasuk link,” ucap Adrianus.

Tawaran Upgrade Nasabah Prioritas BCA Dipastikan Palsu

Sementara itu, Executive Vice President Secretariat and Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn menjelaskan, keanggotaan BCA Prioritashanya bisa didapatkan melalui syarat dan ketentuan tertentu dan undangan dari Kantor Cabang BCA.

"Jadi jika ada pihak lain yang menawarkan jasa upgrade menjadi nasabah BCA Prioritas melalui telepon dan promo di media sosial sudah pasti itu penipuan," jelasnya.

Dia mengingatkan para nasabah untuk tidak sembarangan mengklik link palsu dan memberikan data-data pribadi di link yang tidak terjamin keasliannya.

https://money.kompas.com/read/2022/06/09/091000726/ini-tips-agar-terhindar-dari-modus-penipuan-siber-yang-semakin-beragam

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke