Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sampai 3 Juni 2022, Industri Securities Crowdfunding Himpun Dana Rp 507,2 Miliar

Angka ini meningkat sebanyak 22,7 persen sejak awal tahun. Adapun total dana yang dihimpun sampai akhir tahun 2021 baru sebanyak Rp 413,19 miliar.

Sedangkan pada tahun 2020 dana yang dihimpun melalui SCF baru sebanyak Rp 184,90 miliar.

Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot mengatakan, securities crowdfunding (SCF) merupakan salah satu terobosan yang dikeluarkan OJK untuk membantu UMKM dengan memanfaatkan platform digital.

"Pasca-diterbitkannya POJK Nomor 57 tahun 2020, antusiasme masyarakat terhadap securities crowdfunding semakin pesat," kata dia dalam keterangannya, dikutip Kompas.com, Jumat (10/6/2022).

Ia melaporkan, pelaku UMKM yang memanfaatkan SCF juga tumbuh. Tercatat, jumlah penerbit atau pelaku UMKM yang memanfaatkan SCF mengalami pertumbuhan sebesar 89,60 persen sepanjang tahun.

Berdasarkan catatan Sekar, terdapat sebanyak 237 penerbit dengan total pemodal mencapai 111.351 investor sampai 3 Juni 2022.

Adapun, ia bilang jumlah pemodal sampai akhir 2021 ada di angka 93.733 investor.

Securities crowdfunding merupakan salah satu alternatif sumber pendanaan untuk mengembangkan usaha yang cepat, mudah, dan terjangkau dengan menggunakan aplikasi atau platform digital melalui skema patungan atau urun dana.

Investor yang berinvestasi di SCF dapat berupa investor ritel, khususnya yang berdomisili dari daerah asal UMKM penerbit sebagai upaya pengembangan ekonomi di daerahnya.

Berdasarkan data dari OJK, sampai saat ini terdapat 10 penyelenggara crowdfunding yang telah mengantongi izin dari OJK. Daftar 10 perusahaan tersebut adalah Sanatara, Bizhare, Crowddana, LandX, Dana Saham, Shafiq, FundEx, Ekuid, LBS Urun Dana, dan Udana.

https://money.kompas.com/read/2022/06/10/093300526/sampai-3-juni-2022-industri-securities-crowdfunding-himpun-dana-rp-5072-miliar

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+