Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Vaksin Covid-19 BUMN Masuk Tahap Akhir, Bahan Baku Jadi Tantangan

Abiyan menambahkan, tantangan utama vaksin BUMN ke depan ialah memastikan bahan baku vaksin yang dibutuhkan tersedia sepenuhnya di dalam negeri. Paling tidak mayoritas bahan baku ataupun komponen yang penting sudah bisa diproduksi Indonesia sendiri.

Selain itu, ketahanan rantai pasok baik mulai dari bahan baku hingga distribusi vaksin tersebut ketika telah mendapatkan otorisasi dari lembaga berwenang juga menjadi tantangan utama.

"Kita tahu Indonesia negara yang sangat luas dan terdiri atas pulau-pulau. Sehingga, tantangannya bagaimana vaksin BUMN ini agar dapat sesuai dengan rantai dingin (cold chain) yang ada di tingkat puskesmas," ujar Abiyan melalui keterangan tertulis, Sabtu (11/6/2022).

Lebih lanjut kata dia, kedaulatan kesehatan nasional juga berkaitan dengan pembiayaan yang harus disiapkan.

Dengan kemampuan untuk memproduksi vaksin Covid-19 sendiri setidaknya dapat mengurangi beban biaya yang muncul saat mengimpor vaksin.

"Vaksin yang diproduksi secara domestik tentu telah menyesuaikan karakteristik dari masyarakat Indonesia itu sendiri," lanjut Abiyan.

Pengembangan vaksin BUMN kata dia, tentunya telah mengikuti kaidah-kaidah saintifik yang berlaku secara universal dan diterima di tingkat internasional.

Koordinasi dan pengawasan dari para ahli serta lembaga terkait menjadi yang utama, termasuk dengan Kementerian Kesehatan, BPOM, dan WHO untuk tingkat internasional.

Kemudian, infrastruktur produksi vaksin juga telah tersedia tidak hanya di satu wilayah. Apabila memungkinkan Indonesia harus memiliki pusat-pusat penelitian dan produksi vaksin di tingkat regional sehingga mempercepat proses produksinya.

"Kolaborasi dengan sektor swasta tentunya sudah harus menjadi pertimbangan dalam rangka memproduksi vaksin nasional ini. Terakhir, perlu komitmen khusus untuk memastikan pembiayaan untuk produksi vaksin ini tersedia secara berkelanjutan," ucap Abiyan.

https://money.kompas.com/read/2022/06/11/173000926/vaksin-covid-19-bumn-masuk-tahap-akhir-bahan-baku-jadi-tantangan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke