Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

DPR Panggil Bos Telkom dan Telkomsel Soal Investasi di GoTo, Apa Saja yang Dibahas?

JAKARTA, KOMPAS.com - Panitia Kerja (Panja) Investasi BUMN Komisi VI DPR RI memanggil Direksi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) dan anak usahanya Telkomsel pada hari ini, Selasa (14/6/2022). Pemanggilan itu terkait investasi Telkomsel di PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO).

Dalam rapat yang dihadiri Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Hardiansyah dan Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulyana Syam tersebut, Komisi VI DPR RI meminta keduanya menjelaskan alasan investasi Telkomsel di GoTo.

Ketua Panja Investasi BUMN di Perusahaan Digital sekaligus Wakil Ketua Komisi VI DPR Sarmuji mengatakan, sepanjang rapat yang berlangsung hampir tiga jam tersebut anggota panja meminta penjelasan mengenai 4 hal yang berkaitan investasi Telkomsel di GoTo.

"Secara umum panja menggali dari Telkom dan Telkomsel tentang investasi di perusahaan Goto, Komisi VI ingin memastikan 4 hal," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (14/6/2022).

Pertama, Komisi VI ingin memastikan investasi yang dilakukan BUMN sudah sesuai aturan bisnis bagi perusahaan pelat merah dan anak perusahaannya. Selain itu, untuk memastikan investasi sudah memperhitungkan skema bisnis dan prospek perusahaan, baik dalam jangka menengah maupun panjang.

Kedua, ingin memastikan terkait investasi Telkomsel ke GoTo sudah sesuai dengan prinsip tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance (GCG).

Ketiga, ingin memastikan terkait potensi konflik kepentingan dalam investasi tersebut. Serta keempat, ingin memastikan manfaat yang bisa didapat Telkomsel dari investasinya di GoTo.

Sebagai informasi, masuknya investasi Telkomsel ke GoTo sempat mendapat sorotan dugaan konflik kepentingan, sebab Komisaris Utama GoTo adalah Garibaldi Thohir yang merupakan saudara kandung dari Menteri BUMN Erick Thohir.

Sarmuji mengatakan, pada rapat panja tersebut pun hanya terbuka saat Direksi Telkom Indonesia dan Telkomsel melakukan pemaparan, di mana mereka membantah bahwa investasi di GoTo membuat rugi perusahaan, melainkan ada keuntungan.

"Sementara untuk pendalaman bersifat tertutup untuk menjaga agar hal-hal yang sensitif terhadap pasar dan perusahaan bisa dieksplorasi oleh panja tanpa mengganggu Telkom, mengingat Telkom adalah perusahaan publik yang listing di bursa," jelas dia.

Ia pun memastikan akan kembali menggelar rapat lanjutan tekait investasi Telkomsel di GoTo dengan agenda kembali mendengar penjelasan dari Direksi Telkom Indonesia dan Telkomsel, serta mengundang ahli untuk dimintai pandangannya.

"Kami akan undang kembali Telkom dan Telkomsel, dan kami juga akan mengundang para pakar untuk menjadi tambahan pertimbangan," pungkas Sarmuji.

https://money.kompas.com/read/2022/06/14/182800926/dpr-panggil-bos-telkom-dan-telkomsel-soal-investasi-di-goto-apa-saja-yang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke