Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi: 800.000 Dosis Vaksin PMK Ternak Sudah Datang, Segera Gerak Cepat

Percepatan vaksinasi juga dilakukan lantaran sekitar 800.000 dosis vaksin PMK sudah sampai di Tanah Air.

"Tadi malam Alhamdulillah vaksin 800.000 (dosis) sudah datang. Ini yang saya kira segera gerak cepat. Suntikkan cepat-cepat sehingga sudah bisa melindungi sapi-sapi yang lain" kata Jokowi dalam acara Temu Raya Kita Prakerja di Sentul International Convention Center, Bogor, Jumat (17/6/2022).

Adapun penyuntikkan vaksin yang dipercepat diyakini mampu menekan wabah penularan. Jokowi bilang, penularan PMK sama seperti Covid-19 yang sangat cepat.

Penularan ini bahkan bisa terjadi meskipun Kementerian Pertanian sudah melakukan sejumlah cara untuk menahan penyebaran kasus.

"Memang berkembangnya ini kayak Covid-19, cepat, lewat media apapun. Padahal sudah di-block oleh kementan dan kepolisian, tapi nyatanya cepat dan sekarang sudah di 18 provinsi dan 119 kab/kota," ucap Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, pemerintah mengimpor pengadaan vaksin PMK sebanyak 3 juta vaksin.

Dana impor vaksin itu diambil dari anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Bahkan, pihaknya bakal memantau lalu lintas ternak di daerah-daerah merah/rawan. Di sisi lain, membuat protokol pemotongan hewan menjadi lebih baik.

Langkah-langkah ini dilakukan lantaran pemerintah khawatir wabah penyakit Kuku dan Mulut (PMK) pada sapi memengaruhi ekspor produk holtikultura. Di sisi lain, pemerintah juga masih menimbang-nimbang mendeklarasikan wabah PMK di Indonesia.

"PMK tidak bisa ekspose terlalu besar di masyarakat karena dampaknya terhadap dunia global. Kalau kita declare darurat PMK maka seluruh ekspor holtikultura kita akan dilarang," kata Airlangga dalam arahan kepada Gubernur, Bupati, dan Walikota di Kemendagri, Jakarta, Kamis (16/6/2022).

https://money.kompas.com/read/2022/06/17/174409326/jokowi-800000-dosis-vaksin-pmk-ternak-sudah-datang-segera-gerak-cepat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke