Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

JAKARTA, KOMPAS.com – Cara mendapatkan uang di era digital kini semakin beragam. Banyak platform yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan. Salah satunya melalui aplikasi TikTok. Bagaimana cara mendapatkan uang dari TikTok (cara dapat uang dari TikTok)?

Sebagaimana diketahui, TikTok adalah salah satu media sosial yang cukup populer di Indonesia. Kepopuleran TikTok ini tentu menjadi peluang bagi para penggunanya. Termasuk dalam hal mengenai cara mendapatkan uang dari TikTok.

Di antara cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa pengguna coba adalah dengan memanfaatkan fitur toko di TikTok. Lewat fitur ini, pengguna bisa membuka toko dan mempromosikan barang atau jasa yang dijual di TikTok.

Dilansir dari laman Forbes, cara mendapatkan uang dari TikTok merupakan suatu aktivitas yang berkembang di tengah pandemi. Banyak orang kehilangan pendapatannya serta harus hidup dengan terbatas.

Keadaan tersebut kemudian mendorong banyak individu maupun kelompok untuk membuat konten digital yang dapat dilakukan di rumah. Salah satu platform yang meningkat pesat penggunanya selama masa pandemi adalah TikTok.

Menurut Forbes, cara mendapatkan uang dari TikTok bisa dilakukan dengan mengikuti tiga tahapan berikut ini:

1. Membentuk branding

Tahap pertama untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah Anda diharapkan mampu membuat suatu unggahan konten yang konsisten serta memiliki branding sendiri.

Branding atau merek ialah kunci agar Anda bisa dikenal dengan mudah. Branding di sini artinya adalah jatidiri Anda.

Di bidang pemasaran (marketing), merek yang berkesan adalah dasar dari bisnis apapun yang bisa menghasilkan uang.

2. Mengunggah konten yang banyak disukai orang

Tahap kedua dalam cara mendapatkan uang dari TikTok adalah harus mengetahui pasar pengguna dari media sosial TikTok lainnya.

Buatlah konten yang menarik serta bisa terus diperbarui, tanpa harus melakukan perubahan branding. Sehingga pengguna lain merasa nyaman dengan konten Anda buat.

3. Mendapatkan pengikut sebanyak mungkin

Tahap ketiga dalam cara mendapatkan uang dari TikTok adalah tahapan paling penting. Untuk mendapatkan uang dari TikTok, Anda harus memiliki banyak pengikut.

Apabila ingin melakukan monetisasi akun TikTok, maka minimal harus memiliki pengikut kurang lebih 10.000 pengikut. Pahamilah target pasar serta unggahan konten yang berkualitas agar dapat memperbanyak pengikut secara organik.

Cara mendapatkan uang dari TikTok

Dikutip dari laman Gramedia.com, berikut adalah beberapa cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa Anda coba:

1. Menjual barang atau jasa

Cara mendapatkan uang dari TikTok yang pertama adalah dengan menjual barang seperti merchandise kepada penggemar konten tertentu atau pada pengikut Anda.

Apabila Anda memiliki pengikut dengan jumlah yang cukup besar, maka Anda pun dapat memonetisasi akun dengan menjual merchandise dengan desain-desain yang menarik.

Pada umumnya, cara mendapatkan uang dari TikTok dengan berjualan ini dilakukan dengan menggunakan metode on demand atau sesuai dengan permintaan.

Keberadaan dari merchandise ini juga dapat meningkatkan promosi di dua produk pengguna, yang pertama ialah akun pengguna itu sendiri serta yang kedua ialah bentuk dari merchandise yang dijual dengan khusus.

Selain berjualan merchandise, Anda juga bisa berjualan barang atau jasa. Cara ini juga sudah sering kita lihat di TikTok. Banyak pengguna yang memanfaatkan followers TikTok asal Indonesia agar membeli barang atau jasa yang mereka jual.

2. Melakukan siaran langsung serta mengumpulkan virtual gift

Kedua, cara mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan melakukan siaran langsung serta mengumpulkan virtual gift dari pengikut.

Pemberian virtual gift ini nantinya dapat ditukarkan oleh pemilik akun dengan cara pembayaran, sesuai dengan mata uang yang berlaku. Para pembuat konten, bisa mendapatkan uang melalui TikTok dengan melalui tayangan live serta mengumpulkan hadiah virtual dengan memerhatikan beberapa hal berikut:

3. Membuat iklan melalui TikTok Ads

Ketiga, cara mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan memanfaatkan fasilitas TikTok Ads. Seperti halnya media sosial yang berbasis video maupun visual lainnya, TikTok pun memiliki fasilitas iklan, yaitu TikTok Ads. Fungsi dari TikTok Ads ini adalah untuk mengembangkan pengguna dalam monetisasi akun.

Pembuat konten yang ingin mendapatkan uang dari TikTok, memang harus merogoh uang lebih dahulu, baru dapat menikmati fasilitas TikTok Ads. Akan tetapi fasilitas TikTok Ads ini dapat menjadi langkah yang efektif, apabila telah memiliki pengikut lebih dari sepuluh ribu.

Dengan membuat iklan di TikTok, maka Anda pun dapat memperluas jangkauan serta membuat produk maupun konten untuk barang atau jasa yang dijual oleh Anda, agar dilihat oleh lebih banyak orang serta menjangkau berbagai kalangan.

4. Menggalang dana atau crowdfunding

Cara mendapatkan uang dari TikTok selanjutnya adalah dengan membuat proyek pendanaan atau crowdfunding melalui akun TikTok.

Menggalang dana melalui media sosial merupakan salah satu hal umum yang digunakan untuk proyek tertentu. Misalnya penggalangan dana untuk bantuan bencana, maupun pembangunan fasilitas-fasilitas tertentu di suatu tempat.

Dengan melakukan penggalangan dana, maka dapat meningkatkan engagement pengikut secara sosial, serta dapat meningkatkan kesadaran kolektif di antara para pengikut serta para pengguna.

5. Membuat konten bersponsor

Kemudian, cara mendapatkan uang dari TikTok bisa juga dengan membuat konten bersponsor, terutama bagi pembuat konten yang memiliki jumlah pengikut banyak.

Cara ini menjadi pilihan utama untuk mendapatkan uang dari TikTok. Pengguna dapat membuat suatu unggahan konten bersponsor untuk berbagai macam kepentingan, sesuai dengan kriteria yang dipilih.

Beberapa influencer media sosial, pada umumnya menerima kerja sama dengan sponsor sesuai dengan ketentuan pembiayaan tertentu yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Dengan konten bersponsor, pengguna pun dapat menjadi mitra dengan brand, maupun merek atau bahkan institusi layanan masyarakat tertentu yang dianggap mampu menghasilkan maupun memiliki tujuan yang sesuai dengan branding konten pengguna.

Misalnya, seorang pengguna TikTok yang memiliki branding sebagai seorang petualang ataupun traveller, maka ia pun dapat menerima kemitraan bisnis dengan dinas pariwisata di daerah tertentu, dengan tujuan untuk meningkatkan promosi wisata.

Pengguna juga dapat membuat konten sponsor yang berkaitan dengan aplikasi atau jasa yang menyediakan tur wisata ke suatu daerah dan lain sebagainya.

6. Menjadi TikTok influencer

Cara mendapatkan uang dari TikTok yang keenam adalah dengan menjadi seorang influencer melalui TikTok. Apabila ingin mendapatkan uang dengan cara satu ini, maka berikut beberapa hal yang perlu Anda capai:

7. Mengarahkan pengikut ke platform lain

Ketujuh, cara mendapatkan uang dari TikTok adalah mengarahkan pengikut ke platform lain. Apabila Anda memiliki konten yang diunggah ke platform lain, ada cara yang cukup mudah untuk mendapatkan uang dari TikTok.

Salah satu caranya ialah dengan menautkan link pada konten di platform lain seperti Instagram, Facebook, maupun YouTube. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan banyak engagement organik dari TikTok pada platform sosial media lainnya, usai seorang pengikut melihat video TikTok yang Anda unggah.

8. Melakukan promosi musik

Terakhir, cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan promosi musik. Jika Anda seorang produser atau penyanyi yang memiliki suara bagus, maka Anda bisa menambah penghasilan dengan melakukan promosi musik.

Banyak penyanyi baru yang muncul, karena ia aktif membuat konten TikTok menyanyi, baik itu cover lagu atau bahkan menyanyikan lagu ciptaannya sendiri.

Apabila beruntung, Anda bisa bertemu dengan salah satu produser musik yang ingin mempublikasikan musik Anda. Anda juga bisa menggaet banyak pengikut dan menjadi influencer TikTok.

Nah, itulah informasi seputar 8 cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa jadi inspirasi. Selamat mencoba!

https://money.kompas.com/read/2022/06/17/234705026/8-cara-mendapatkan-uang-dari-tiktok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke