Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menkeu AS: Ekonomi Melambat, tetapi Resesi Bukannya Tak Bisa Dihindari...

Hal itu diungkapkan Yellen pada Minggu (19/6/2022) waktu setempat, pasca bank sentral AS, The Fed, mengerek suku bunga acuan sebesar 0,75 persen. Kenaikan suku bunga The Fed meningkatkan kekhawatiran soal kontraksi ekonomi.

"Saya memperkirakan ekonomi akan melambat karena transisi ke pertumbuhan yang stabil, tetapi saya tidak berpikir resesi sama sekali tak tidak bisa dihindari," kaya Yellen dikutip dari Channel News Asia, Senin (20/6/2022).

Yellen menyebut, ekonomi AS telah kuat pasca pandemi Covid-19. Namun dengan lonjakan inflasi dan gangguan rantai pasokan akibat perang Rusia-Ukraina meningkatkan rasa pesimisme.

Lonjakan inflasi itu lantas berusaha ditahan The Fed dengan menaikkan suku bunga 0,75 persen pada Juni 2022, menjadi kenaikan paling tajam dalam 30 tahun terakhir.

Para ekonomi juga melihat tanda-tanda bahwa tingkat kepercayaan konsumen melemah, banyak orang mulai menunda rencana liburan, makan di luar, atau memperbaiki rumah.

"Jelas inflasi sangat tinggi, sebagian karena perang di Ukraina, yang telah mendorong naiknya harga energi dan pangan. Namun penurunan belanja konsumen kemungkinan bukan penyebab resesi," beber Yellen.

Yellen berpendapat, pasar tenaga kerja AS saat ini bisa dibilang menjadi periode terkuat dari periode pasca perang. Dia lalu memproyeksi, laju inflasi akan melambat dalam beberapa bulan mendatang.

Sebagaimana disebut Yellen, kenaikan inflasi juga disebabkan oleh harga gas yang melonjak tinggi. Kini harganya mencapai 5 dollar AS per galon, naik dua kali lipat dalam beberapa tahun terakhir.

Kenaikan harga gas menjadi masalah mendesak bagi warga AS. Dia pun menyatakan keterbukaannya jika pemerintah akan menangguhkan sementara pajak gas.

"Presiden AS Joe Biden ingin melakukan apa pun yang dia bisa untuk membantu konsumen. Dan itu (menangguhkan pajak) ide yang pasti layak dipertimbangkan," sebut Yellen.

https://money.kompas.com/read/2022/06/20/121200926/menkeu-as--ekonomi-melambat-tetapi-resesi-bukannya-tak-bisa-dihindari-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke