Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenhub Akan Tambah Anggaran Mudik Gratis Tahun Depan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, penambahan anggaran Mudik Gratis ini merupakan salah satu evaluasi Kemenhub untuk meningkatkan pelayanan mudik di masa yang akan datang.

Berdasarkan evaluasi mudik Lebaran 2022, terbatasnya kapasitas program Mudik Gratis karena keterbatasan anggaran sehingga belum dapat memenuhi permintaan dan antusiasme masyarakat untuk mengikuti program Mudik Gratis.

"Mudik gratis kita harapkan bisa kita improve dan bila perlu anggaran yang kita alokasikan perlu bertambah," ujarnya saat rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Senin (20/6/2022).

Dia menjelaskan, anggaran program Mudik Gratis selanjutnya perlu ditambah karena melihat animo masyarakat yang cukup tinggi untuk mengikuti program ini saat periode mudik Lebaran 2022.

Program yang dilakukan oleh instansi pemerintah, BUMN, dan swasta ini juga dinilai dapat mengurangi penggunakaan kendaraan pribadi terutama sepeda motor.

Dengan berkurangnya pengguna sepeda motor selama periode mudik ini secara signifikan mampu menekan angka kecelakaan selama mudik hingga 45 persen dibandingkan sebelum pandemi Covid-19 pada 2019.

"Satu yang juga membanggakan kecelakaan lalin turun, terima kasih Pak Kakorlantas sudah melakukan suatu enforcement. Tetapi ini juga diikuti oleh penurunan jumlah kendaraan bermotor," ucapnya.

Pada Mudik Gratis 2022, Kemenhub telah memfasilitasi keberangkatan pemudik beserta sepeda motor miliknya dengan berbagai moda transportasi gratis.

Untuk Mudik Gratis menggunakan bus, Kemenhub menyediakan 686 unit bus untuk menampung 20.580 penumpang. Sedangkan kapal laut menampung 5.000 penumpang dan 2.500 sepeda motor.

Sementara untuk angkutan kendaraan menggunakan kereta api sebanyak 9.280 sepeda motor dan 64 unit truk mengangkut 1.920 sepeda motor.

https://money.kompas.com/read/2022/06/20/131919826/kemenhub-akan-tambah-anggaran-mudik-gratis-tahun-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke