Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Generasi Milenial Berpotensi Duduki Jabatan Tertinggi di KBI

Saat ini kata dia, dari 50 karyawan yang ada di KBI, 75 persennya adalah generasi milenial. KBI akan terus meningkatkan prosentase generasi milenial untuk menuju 80 persen.

"Harapan kami, ke depan generasi milenial yang saat ini ada di KBI, akan mampu mengambil tongkat estafet kepemimpinan di korporasi. Apalagi dengan adanya regulasi baru bahwa yang menjadi direksi tidak harus pensiun," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (20/6/2022).

Tentunya lanjut Fajar, ini menjadi peluang besar bagi generasi milenial di KBI untuk menduduki pucuk pimpinan di korporasi. Saat ini terdapat 5 kepala divisi di KBI, dengan 4 di antaranya generasi milenial yang setiap saat bisa menduduki level pimpinan.

Generasi milenial merupakan generasi yang lahir di rentang tahun 1980-1996. Berdasarkan data BPS tahun 2021, generasi milenial Indonesia mencapai 69,38 Juta jiwa, atau 25,87 persen dari total penduduk Indonesia.

Generasi milenial ini menduduki peringkat kedua, di bawah generasi Z yang lahir pada rentang waktu tahun 1997-2021 dengan total sebanyak 74,93 juta, atau 27,94 persen dari total penduduk Indonesia.

Fajar menambahkan, berdasarkan riset Alvara Research Center, generasi milenial menyimpan potensi besar untuk bisnis. Dalam kesehariannya, generasi ini memiliki perilaku kecanduan internet, cenderung melakukan transaksi non tunai, multitasking, kerja cepat dan cerdas yang didukung teknologi, serta gemar berwisata.

Namun, ada sisi lain dari generasi milenial yaitu memiliki loyalitas yang rendah. Fajar menilai, dengan berbagai perilaku yang dimiliki generasi milenial, tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi KBI dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Untuk itu, pengembangan SDM tidak hanya dilakukan untuk hard skill, namun juga dari sisi soft skill. Selain itu, penyiapan tempat kerja serta berbagai sarana pendukungnya juga disiapkan untuk mendukung kebiasaan dan gaya hidup para milenial.

"Untuk itu, ruang kerja dibuat lebih terbuka, dan juga disiapkan ruangan yang memungkinkan karyawan bisa bekerja dengan nyaman," ujarnya.

Pada 2021, KBI mencatatkan laba bersih sebesar Rp 101,6 miliar atau meningkat 53 persen dibanding 2020, yang perolehan laba bersihnya sebesar Rp 66,4 miliar. Sedangkan dari sisi pendapatan, pada 2021, KBI membukukan pendapatan operasional sebesar Rp 189,5 miliar.

https://money.kompas.com/read/2022/06/20/133749026/generasi-milenial-berpotensi-duduki-jabatan-tertinggi-di-kbi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke