Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mendag Zulhas Jumpai Mentan SYL di Kantornya, Bahas Apa?

Mendag Zulhas mengatakan, pertemuan mereka dilakukan untuk memastikan kolaborasi dalam upaya membangun pangan nasional dengan Kementerian Pertanian yang akan dilakukan secara intens.

"Saya dengan Kementan konsolidasi, kami sahabat lama. Tugas pemerintah ditugaskan untuk pangan. Saya ditugaskan khusus agar pangan tersedia di seluruh Tanah Air. Kedua harga terjangkau. Tentu Kementan itu penting sekali agar pangan tersedia," ujar Mendag Zulhas di sela-sela kunjungan yang disiarkan melalui YouTube, Senin (20/6/2022).

Zulhas mengaku kolaborasi yang akan dibangun nantinya itu antara lain menjaga petani agar tidak rugi.

Salah satu caranya, kata dia adalah membuat perlindungan atau semacam aturan agar Indonesia mampu menahan laju impor pada komoditas bawang putih, gula pasir dan juga kedelai.

"Saya dengar dari Pak Menteri (SYL) itu beras lebih, jagung lebih. Nah ini bisa kita sinkronkan, kolaborasi kerjasama agar jangan sampai petani-petani kita mati karena impor yang lebih dan tidak ada aturan, yang tidak perlu seperti bawang merah dan cabai, itu kan tidak perlu impor. Nah itu perlu ada perlindungan kepada petani-petani kita," katanya.

Adapun kunjungan yang dilakukan Mendag Zulhas ke kantor Mentan SYL ini adalah kunjungan perdananya sejak resmi dilantik sebagai Kementerian Perdagangan.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan pada Rabu (15/6/2022) yang lalu yang sebelumnya dijabat oleh Muhammad Lutfi.

Artinya selama masa kepemimpinan Presiden Jokowi, Muhammad Lutfi tidak lagi menjabat sebagai Menteri Perdagangan dan resmi digantikan oleh Zulkifli Hasan (Zulhas).

https://money.kompas.com/read/2022/06/20/160000226/mendag-zulhas-jumpai-mentan-syl-di-kantornya-bahas-apa-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke