Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Inilah Deretan Mal Terbesar di Indonesia, Nomor Satu Bukan di Jakarta

Meskipun memiliki jumlah mal yang banyak, ternyata mal terbesar di Indonesia tidak terletak di Jakarta. Lalu, di manakah mal terbesar di Indonesia berada?

Direktur Utama Pakuwon Group sekaligus Anggota Dewan Pembina Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alexander Stefanus Ridwan mengatakan, mal terbesar dan terluas di Indonesia adalah Pakuwon Mall Surabaya.

Luas area sewa atau nett leasable area (NLA) efektif Pakuwon Mall Surabaya adalah 180.000 meter persegi atau 18 hektar. "Dengan NLA seluas ini, menjadikannya sebagai mal terbesar dan terluas di Indonesia," kata Stefanus, dikutip dari Kompas.com.

Berikut deretan mal terbesar di Indonesia:

1. Pakuwon Mall, Surabaya

Pakuwon Mall awalnya didirikan pada tahun 2003 dengan nama Supermall Pakuwon. Kemudian pada tahun 2017 berganti nama menjadi Pakuwon Mall dan secara resmi dibuka untuk publik dengan kelengkapan fasilitas convention center, ballroom, dan atrium multifungsi.

Pakuwon Mall memiliki luas 18 hektar dan terletak di area superblok seluas 30 hektar. Pembangunan tahap pertama dirancang oleh Design Development Group (DDG) dari Baltimore, Amerika Serikat. Kemudian, PT Pakuwon Jati Tbk selaku pengembang meneruskan pembangunan dengan menggandeng DP Architect Singapore.

2. Tunjungan Plaza, Surabaya

Beroperasi sejak 1986, Tunjungan Plaza memiliki luas 17,5 hektar dan terdapat 600 toko di dalamnya. Sebagai pusat perbelanjaan superblok, TP terintegrasi dengan Hotel Four Point dan Hotel Sheraton.

Beberapa brand terkenal yang berada di TP di antaranya adalah Hugo Boss, Tory Burch, Omega, Coach, Michael Kors, Aigner dan Under Armour. Sedangkan beberapa penyewa jangkar yang diketahui, meliputi Matahari Department Store, Sogo, Informa, Uniqlo, H&M, Cinema XXI dan IMAX, ACE Hardware, Hero Supermarket dan lainnya.

Tersedia pula berbagai pilihan santapan lokal hingga internasional, termasuk Toby's Estate, Mr. Fox, Liberica, Pasarame, Seigo dan Djournal Coffee. Banyaknya tenant ini, menjadikan TP menjadi salah satu mal paling banyak dikunjungi di Indonesia.

3. Summarecon Kelapa Gading, Jakarta

Summarecon Mall Kelapa Gading adalah pusat perbelanjaan menengah atas seluas 15 hektar yang dikembangkan secara bertahap sejak tahun 1990.

PT Summarecon Agung Tbk mengusung konsep yang memadukan fesyen dengan makanan serta pusat hiburan (fashion-food-entertainment) guna memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat modern.

Di sekelilingnya terdapat tiga fasilitas komersial yang terintegrasi dan saling bersinergi, yaitu MKG, La Piazza, dan Gading Food City.

4. Grand Indonesia, Jakarta

Dengan luas 141.472 meter persegi atau 14,1 hektar, Grand Indonesia (GI) adalah salah satu mal terbesar dan termewah di Indonesia. Pusat perbelanjaan yang dikembangkan oleh Djarum Group ini terdiri dari East Mall dan West Mall yang dihubungkan oleh Sky Bridge.

Berada di lokasi paling terkenal dan prestisius di Jakarta Pusat, Bundaran HI, GI adalah pengembangan terintegrasi yang terdiri dari perkantoran premium Menara BCA, hotel bintang lima Hotel Indonesia Kempinski dan apartemen servis Kempinski Private Residences.

West Mall dibuka untuk umum pada April 2007 dan diikuti oleh East Mall pada Agustus 2007.

5. Mall Taman Anggrek, Jakarta

Mall Taman Anggrek memiliki luas NLA mencapai 130.000 meter persegi dan mencakup 7 lantai. Mal Taman Anggrek berisi lebih dari 400 toko khusus berbagai merek internasional dan nasional.

Bahkan, perusahaan furnitur tenama, IKEA, juga telah membuka gerai di Mal Taman Anggrek pada April tahun ini.

Terdapat fasilitas seluncur es, bioskop multipleks, dan pusat kebugaran, termasuk atrium besar sebagai arena pameran dan pertunjukan. Sedangkan saat pertama kali dibuka pada tahun 1996, Mal Taman Anggrek menjadi pusat perbelanjaan terbesar di Asia Tenggara.

Itulah deretan mal terbesar di Indonesia. Dari daftar tersebut, manakah mal favorit kamu?

https://money.kompas.com/read/2022/06/20/215946026/inilah-deretan-mal-terbesar-di-indonesia-nomor-satu-bukan-di-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke