Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nasabah Wanaartha Life Tunjuk Auditor, Selidiki Aliran Dana Wanaartha Life

Kuasa hukum nasabah Wanaartha Life Benny Wulur mengatakan, pihak nasabah telah menunjuk auditor dari Kantor Akuntan Publik (KAP) Junarto Tjahjadi.

"Kami sudah tunjuk dari nasabah dan baru akan mulai. Saat ini sudah ada pengakuan tindakan pidananya. Memang dana nasabah sebanyak triliuanan itu benar-benar digelapkan," kata Benny kepada Kompas.com, Selasa (21/6/2022).

Ia menambahkan, tujuan dari dilakukannya audit ini adalah untuk mengecek kemana aliran dana Wanaartha Life yang hilang tersebut.

Awalnya penunjukkan auditor dari pihak nasabah Wanaartha Life ini bermula saat nasabah mempertanyakan keberadaan aset keuangan Wanaartha Life selain yang disita oleh negara dalam kasus tindak pidana korupsi Jiwasraya.

Benny juga menyebut, pihaknya saat ini sedang mempertanyakan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengapa Wanaartha Life yang diduga terjadi penggelapan justru masih dapat melanjutkan usahanya.

Seperti telah diberitakan, Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri sedang mendalami kasus dugaan tindak pidana penggelapan di perusahaan WanaArtha Life.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Bareskrim Polri Kombes Gatot Repli Handoko mengatakan kasus itu sudah naik ke tahap penyidikan.

"Kemudian dapat kami sampaikan juga update terkait dengan perkembangan dugaan penggelapan WanaArtha. Bahwa penanganan kasus WanaArtha sudah ditingkatkan dari penyelidikan menjadi penyidikan," kata Gatot dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Gatot mengatakan kasus ini bermula dari tiga laporan polisi, yakni yang pertama LP B/0476.VIII.2020/Bareskrim tanggal 5 Agustus 2020. Kemudian LP B/0606/X/2020/Bareskrim tanggal 23 Oktober 2020, lalu ketiga LP B/0108/II/2021/Bareskrim tanggal 16 Februari 2021.

Menurut Gatot, dalam kasus ini, sudah ada 57 orang yang diperiksa.

Sebanyak 40 orang merupakan pemegang polis, 14 agen, dan 3 orang direksi. Selanjutnya, penyidik telah melakukan penggeledahan dan analisa bukti digital dalam kasus itu.

https://money.kompas.com/read/2022/06/21/150000426/nasabah-wanaartha-life-tunjuk-auditor-selidiki-aliran-dana-wanaartha-life

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke