Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rumahnya Digeruduk Massa Dimintai Ganti Rugi, Yusuf Mansur Lagi Menuju Mesir

KOMPAS.com - Pendakwah kondang sekaligus pemilik bisnis Paytren, Ustaz Yusuf Mansur (UYM), mengabarkan bahwa dirinya sedang berada di Kota Tarim, Yaman.

Melalui unggahan foto diri di halaman Instagramnya, Rabu, 22 Juni 2022, ayah Wirda Mansur ini mengabarkan sejak beberapa hari terakhir dirinya sudah tidak berada di Indonesia, tepat saat puluhan orang menggeruduk rumahnya.

Kedatangan massa di kediamannya di Cipondoh Tangerang itu dilakukan untuk menuntut pengembalian investasi batu bara yang diklaim senilai Rp 46 miliar di tahun 2009 silam.

Setelah di Yaman, pria bernama asli Jam'an Nurchotib Mansur akan bertolak menuju ke Mesir.

"Bismillaah walhamdulillaah. Alladzii bini'matihii tatimmushshoolihaat...Siap-siap bertolak ke Mesir, dengan izin Allah. Bismillaah. Nanti jam 3 pagi kurang lebih, jalan ke Bandara Sewun, Hadramaut, Yaman. Bersama Putra al Habib Umar, Habib Salim. Sayyid Salim," tulisnya mengawali kabar dirinya, 3 jam lalu.

Yusuf Mansur bilang, kepergiannya ke Yaman untuk menghadiri pengajian dan bertemu beberapa ulama. Bahkan, lanjutnya, beberapa orang dengan berat hati melepas kepergiannya ke Mesir.

"Semalam di Jalsah Syahriyyah, Pengajian Bulanan, Habib Umar... Bersama Ulama2 Tarim, pimpinan2 Ribat (Pesantren) di Tarim, seakan2 pengajian dan makan malam perpisahan. Orang deketnya Habib Umar, seperti 'Ammu Kholid, mengejar keluar, dan memeluk penuh suka cita," tulis Yusuf Mansur.

"Kayak ga mau ditinggal. Padahal, di dalam, udah dipeluk juga. Saya sengaja nyari 'Ammu Kholid, dan memeluknya di dalam ruangan jalsah. Tapi ya itu. Beliau mengejar ke luar, ke mobil," kata dia lagi.

Ustaz yang banyak dikenal sebagai penggalang sedekah ini juga mengaku sudah tak sabar untuk segera berbagi pengalamannya selama di Yaman dengan para santrinya di Darul Quran (Daqu).

Kendati demikian, dalam unggahannya di Instagram, Yusuf Mansur sama sekali tidak menyinggung persoalan tuntutan ganti rugi investasi.

"Penuh kenangan semua. Nanti dibagikan ke santri2 dan keluarga besar Daqu insyaaAllah. Pokoknya jalan semakin terbuka u/ anak-anak kita semua, menjadi ulama-ulama penerus Nabiyallaah Muhammad, dan penerus ulama-ulama masa depan, dengan pengalaman dan jaringan internasional," kata Yusuf Mansur.

"Keberkahan dan keunggulan tersendiri bagi Daqu dengan seluruh keluarga besarnya. Tarim... Duhai Tarim... Ga kepengen tidur malam ini. Saya sampe ke bawah Syuggoh. Dan memilih menikmati malam terakhir sementara, sebelum nanti membawa santri2 lebih banyak lagi ke sini... Dengan izin Allah. Dan ke seluruh penjuru dunia," imbuhnya.

Rumahnya digeruduk massa

Sebelumnya dikutip dari KOMPAS TV, Puluhan orang dari pengurus dan jemaah Masjid Darussalam Kota Wisata, Bogor, Jawa Barat menggeruduk rumah Ustaz Yusuf Mansur di Ketapang, Cipondoh, Kota Tangerang, Senin (20/6/2022).

Sekitar 30 orang tersebut ramai-ramai mendatangi kediaman Yusuf Mansur untuk meminta kejelasan mengenai investasi batu bara yang telah berlangsung sejak 2009 tapi tak kunjung mendapatkan keuntungan.

Investasi yang diikuti oleh sekitar 250 orang ini bahkan bernilai miliaran, tetapi tak ada kejelasan lebih lanjut terkait pembagian keuntungan sehingga perwakilan investor menggeruduk rumah Yusuf Mansur.

Yayasan Pelita Lima Pilar melalui sekretarisnya, Herry M Joesoef, yang mendampingi para jemaah mengungkapkan awal mula rumah Yusuf Mansur.

Menurut penuturan Henry, 30 orang itu menggeruduk kediaman Yusuf Mansur sekitar pukul 09.15 WIB.

Namun, ketigapuluh orang ini tak bisa masuk ke rumah Yusuf Mansur sampai-sampai harus menyampaikan tuntutan mereka mengenai kejelasan investasi batu bara di tengah jalan.

"Jam 09.15 WIB kita sudah di sana. Kita berdiri, kita enggak mau masuk ke dalam (kediaman Yusuf Mansur). Karena kalau masuk ke dalam, katanya enggak boleh direkam. Ya kita (menyampaikan tuntutannya) di tengah jalan," ujar Herry.

Penyampaian tuntutan di depan rumah Yusuf Mansur berlangsung sekitar 1,5 jam. Sayangnya, upaya mereka tidak berhasil dan gagal menemui ustaz tersebut.

Herry bilang, Yusuf Mansur justru kabur di saat orang sudah jauh-jauh datang dari Bogor ke kediamannya di Tangerang. Gagal menemui Yusuf Mansur, para jemaah pun meninggalkan lokasi.

https://money.kompas.com/read/2022/06/22/090825526/rumahnya-digeruduk-massa-dimintai-ganti-rugi-yusuf-mansur-lagi-menuju-mesir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke