Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terkumpul 1,1 Miliar Dollar AS, Lembaga Dana Pandemi Beroperasi Akhir Juni 2022

Hal ini diungkap Sri Mulyani pasca pertemuan dengan menteri keuangan dan menteri kesehatan negara G20 dalam 1st Joint Finance and Health Ministerial Meeting (JFHMM), Selasa malam, (21/6/2022).

Adapun saat ini, pendirian FIF masih dalam proses finalisasi oleh Bank Dunia (World Bank) selaku wali amanat. Rencananya, pimpinan Bank Dunia akan bertemu pada tanggal 30 Juni untuk membahas FIF.

"Dewan bank akan bertemu pada bulan Juni, (tanggal) 30. Pada saat itu jika disetujui oleh dewan, maka FIF ini akan mulai beroperasi," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers secara daring, Selasa (21/6/2022).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menuturkan, negara-negara pendiri FIF telah berkomitmen menyerahkan dana senilai 1,1 miliar dollar AS untuk dana kumpulan.

Mereka adalah Amerika Serikat, Uni Eropa, Indonesia, Jerman, dan Singapura. Indonesia sendiri menyerahkan dana kumpulan senilai 50 juta dollar AS. Di sisi lain, ada beberapa menteri keuangan negara lain yang menyatakan komitmennya untuk bergabung.

"Beberapa menteri lain mereka menyatakan berkomitmen dalam hal kontribusi mereka. Mungkin (saat ini) perlu beberapa proses (persiapan)," beber Sri Mulyani.

Lebih lanjut dia menjelaskan, ada banyak umpan balik (feedback) dalam pertemuan kali ini.

Beberapa menteri meminta tambahan elemen penting dalam FIF, yakni memperkuat kolaborasi antar menteri keuangan dan menteri kesehatan negara G20, maupun antar negara maju dan negara berkembang.

Mereka juga meminta penggunaan sumber daya FIF tidak hanya harus didominasi oleh negara pendiri dan kontributor, namun juga negara penerima yang membutuhkan dana tersebut.

"Kami juga ingin memastikan (FIF) ini tidak bersaing dengan sumber daya yang telah dialokasikan untuk yang lainnya, bukan hanya kesehatan. Jadi harapannya (FIF) akan menjadi sumber keuangan baru," jelas Sri Mulyani.

https://money.kompas.com/read/2022/06/22/093000126/terkumpul-1-1-miliar-dollar-as-lembaga-dana-pandemi-beroperasi-akhir-juni-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke