BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Allianz
Salin Artikel

Tepat Pilih Perlindungan Kesehatan bagi Keluarga, Tenang Hadapi Pandemi yang Belum Berakhir

KOMPAS.com – Meski sudah ada kebijakan pelonggaran penggunaan masker di ruang terbuka, pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada Senin (20/6/2022), terdapat penambahan 1.180 kasus positif Covid-19 di Indonesia. Dengan demikian, total kasus positif Covid-19 di Tanah Air menjadi 6.069.255 orang sejak kasus pertama diumumkan pada awal Maret 2020.

Sementara itu, jumlah pasien meninggal dunia karena Covid-19 bertambah 8 orang dengan total menjadi 156.695.

Meski mengalami kenaikan, angka pertambahan kasus Covid-19 di Indonesia masih dalam kategori terkendali. Terlebih, masyarakat kini mulai disiplin dan terbiasa menerapkan protokol kesehatan (prokes) di mana pun berada.

Selain itu, masyarakat juga sudah terbiasa menerapkan gaya hidup sehat dan memiliki kesadaran untuk melakukan tes ataupun isolasi mandiri jika merasakan gejala Covid-19.

Berbicara mengenai kesehatan, setiap orang tidak akan mengetahui kapan akan terpapar virus dan jatuh sakit. Maka dari itu, perlindungan kesehatan menjadi hal penting yang harus dimiliki, baik bagi diri sendiri maupun keluarga.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Desember 2021, sebanyak 68,36 persen penduduk Indonesia memiliki jaminan kesehatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Dari angka itu, hanya 0,76 persen yang menggunakan asuransi swasta sebagai jaminan kesehatan dan 2,93 persen penduduk memiliki jaminan kesehatan dari perusahaan atau kantor.

Padahal, asuransi kesehatan swasta dapat menjadi pelengkap dari kepesertaan BPJS Kesehatan. Sebab, asuransi ini menawarkan perlindungan komprehensif untuk melindungi diri dan keluarga dari berbagai risiko kesehatan.

Head of Health Product Marketing and Service Development Allianz Life Indonesia Sukarno mengatakan bahwa risiko jatuh sakit dapat menimbulkan gangguan finansial jika tidak dikelola dengan baik.

“Apalagi, biaya medis selalu naik setiap tahun. Agar kondisi keuangan keluarga tidak terganggu akibat anggota keluarga yang sakit, diperlukan asuransi kesehatan,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (20/6/2022).

Asuransi kesehatan, kata dia, dapat diibaratkan sebagai payung yang akan digunakan saat hari hujan. Artinya, asuransi sebaiknya dimiliki saat seseorang masih sehat, terutama saat usia muda.

Pasalnya, saat usai masih muda, risiko jatuh sakit dan kematian masih kecil. Karena risikonya dianggap lebih rendah, maka premi yang dibayarkan juga masih terjangkau.

“Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda bisa meminimalisasi biaya yang perlu dikeluarkan jika ada keluarga yang sakit. Sebab, perusahaan asuransi akan memberikan penggantian biaya rumah sakit tersebut,” kata Sukarno.

Meski demikian, memilih asuransi kesehatan bukan perkara mudah. Berikut adalah tujuh hal yang harus dipertimbangkan sebelum memiliki asuransi kesehatan.

1. Hitung jumlah Tertanggung

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih asuransi kesehatan adalah menentukan jumlah anggota keluarga yang akan dilindungi atau Tertanggung dalam satu polis. Jumlah ini bergantung pada jumlah anggota keluarga yang dapat berubah seiring dengan kelahiran anak.

Bagi pasangan yang baru menikah, anggota keluarga yang perlu dilindungi hanya dua orang, yaitu suami dan istri. Sementara itu, bagi keluarga muda dengan anak, anggota keluarga yang perlu dilindungi mencakup diri sendiri dan pasangan sebagai orangtua, serta anak-anak.

Anda juga bisa mempertimbangkan orangtua atau saudara kandung Anda untuk diikutsertakan dalam perlindungan.

2. Tentukan plan sesuai kebutuhan

Setelah menentukan jumlah Tertanggung dalam polis, saatnya mengecek kebutuhan masing-masing dari anggota keluarga. Anda dapat menyesuaikan kebutuhan dengan plan dan manfaat yang ditawarkan oleh polis asuransi kesehatan.

Plan yang dimaksud adalah fasilitas program kesehatan yang ingin didapatkan. Berdasarkan cakupan perlindungan, plan dibagi menjadi dua.

Pertama, indemnity atau penggantian biaya pengobatan ganti rugi yang dibatasi oleh limit per kejadian atau per tahun. Kedua, managed care atau penggantian biaya pengobatan secara menyeluruh.

Secara umum, plan yang dapat dipilih Pemegang Polis terdiri dari kelas kamar rawat inap, tipe perawatan medis, metode pembayaran manfaat, yaitu cashless atau reimbursement, limit per kejadian atau sesuai tagihan dengan batasan tahunan, serta cakupan wilayah atau negara pertanggungan.

Terdapat beberapa kondisi yang bisa dipertimbangkan dalam memilih manfaat. Misalnya, pasangan menikah dan belum menikah dapat memilih manfaat rawat inap sebagai manfaat utama. Anda juga dapat menambah manfaat yang disesuaikan dengan bujet, yaitu rawat jalan, rawat gigi, manfaat kehamilan, serta persalinan untuk istri.

Bagi keluarga yang memiliki anak-anak, manfaat asuransi kesehatan yang diperlukan adalah rawat inap dan rawat jalan. Selain itu, anak juga dapat menambah manfaat rawat gigi. Sebab, anak-anak biasanya akan mengalami ganti gigi sebelum usia 10 tahun.

Berikutnya, jika suami atau istri memiliki riwayat penyakit kritis dalam keluarga atau memiliki gaya hidup yang memicu penyakit kritis, ada baiknya untuk menambah manfaat asuransi penyakit kritis.

Namun, hal yang perlu diingat adalah nominal premi asuransi kesehatan sangat tergantung dari manfaat yang dipilih. Semakin lengkap manfaat yang ingin didapatkan, maka semakin besar pula premi yang harus dibayarkan.

3. Cek kembali asuransi yang dimiliki

Umumnya, seorang karyawan tetap telah mendapatkan perlindungan kesehatan dari perusahaan tempat bekerja, baik dari BPJS Kesehatan maupun plafon tunjangan kesehatan.

Pastikan juga anggota keluarga termasuk dalam pertanggungan dari perusahaan atau tidak. Jika ditanggung, cek kembali manfaat apa saja yang diperoleh.

Dengan mengetahui secara rinci fasilitas yang didapatkan dari kantor, Anda bisa mengetahui manfaat yang perlu dibeli secara mandiri dari asuransi kesehatan swasta.

4. Pertimbangkan manfaat tambahan

Setiap asuransi kesehatan menawarkan manfaat dasar atau basic dan manfaat tambahan atau rider. Beberapa manfaat tambahan yang bisa Anda pertimbangkan adalah manfaat rawat jalan, rawat gigi, kehamilan dan persalinan, kacamata, serta no claim bonus.

5. Pelajari polis dengan seksama

Sebelum memilih asuransi, pelajari terlebih dahulu polis asuransi kesehatan, khususnya bagian pengecualian. Pasalnya, dalam asuransi, tidak semua risiko bisa dilindungi oleh asuransi. Terdapat beberapa risiko yang tidak mendapat perlindungan. Istilahnya, pengecualian.

Contohnya, pengecualian jika Tertanggung sudah memiliki riwayat penyakit sebelum memiliki pertanggungan asuransi atau memiliki kelainan bawaan.

6. Lakukan perbandingan

Agar tidak salah pilih, sebaiknya Anda membandingkan beberapa produk asuransi. Tujuannya, untuk memastikan Anda mendapatkan produk terbaik.

Jangan sungkan untuk bertanya pada agen atau tenaga pemasar mengenai manfaat yang akan diterima dan premi yang dibayarkan.

Anda dapat mempertimbangkan asuransi dengan satu polis yang dapat melindungi seluruh anggota keluarga ketimbang polis yang berbeda untuk masing-masing anggota keluarga. Sebab, hal ini akan memberikan manfaat lebih optimal dengan premi yang lebih terjangkau.

Salah satu produk yang memberikan perlindungan kesehatan bagi seluruh anggota keluarga adalah Hospital & Surgical Care Premier Plus (HSCP Plus) dari Allianz Indonesia.

HSCP Plus merupakan asuransi kesehatan tambahan individu yang memberikan perlindungan kesehatan untuk seluruh orang terkasih sehingga memberikan ketenangan bagi ayah dan ibu. Dengan memiliki HSCP Plus, Tertanggung bisa memperoleh manfaat Plus Opsi, Plus Layanan, dan Plus Manfaat.

7. Pilih perusahaan asuransi tepercaya

Terakhir, periksa rekam jejak perusahaan asuransi yang ingin dipilih. Anda bisa mengecek berapa lama perusahaan asuransi tersebut berdiri, reputasi dalam hal pembayaran klaim nasabah, dan pelayanan agen pemasaran.

Kemudian, cek kembali kinerja customer service dalam membantu nasabah ketika menghadapi risiko dan kemudahan proses klaim.

Untuk memberikan kemudahan dan keamanan saat melakukan klaim, nasabah Allianz Indonesia dapat melakukan klaim online dengan cepat dan mudah melalui Allianz eAZy Connect.

Itulah tujuh hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli asuransi kesehatan. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, Anda akan mendapatkan manfaat dari asuransi kesehatan terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

Temukan informasi menarik seputar produk asuransi kesehatan sesuai kebutuhan Anda dan keluarga pada laman berikut ini.

https://money.kompas.com/read/2022/06/22/140400126/tepat-pilih-perlindungan-kesehatan-bagi-keluarga-tenang-hadapi-pandemi-yang

Terkini Lainnya

Heran Jasa Tukar Uang Pinggir Jalan Mulai Menjamur, BI Malang: Kurang Paham Mereka Dapat Uang Dari Mana...

Heran Jasa Tukar Uang Pinggir Jalan Mulai Menjamur, BI Malang: Kurang Paham Mereka Dapat Uang Dari Mana...

Whats New
Dongkrak Performa, KAI Logistik Hadirkan Layanan 'Open Side Container'

Dongkrak Performa, KAI Logistik Hadirkan Layanan "Open Side Container"

Whats New
Sumbangan Sektor Manufaktur ke PDB 2023 Besar, Indonesia Disebut Tidak Alami Deindustrialisasi

Sumbangan Sektor Manufaktur ke PDB 2023 Besar, Indonesia Disebut Tidak Alami Deindustrialisasi

Whats New
Harga Bahan Pokok Jumat 29 Maret 2024, Harga Ikan Tongkol Naik

Harga Bahan Pokok Jumat 29 Maret 2024, Harga Ikan Tongkol Naik

Whats New
Modal Asing Kembali Cabut dari RI, Pekan Ini Nilainya Rp 1,36 Triliun

Modal Asing Kembali Cabut dari RI, Pekan Ini Nilainya Rp 1,36 Triliun

Whats New
Kerap Kecelakaan di Perlintasan Sebidang, 5 Lokomotif KA Ringsek Sepanjang 2023

Kerap Kecelakaan di Perlintasan Sebidang, 5 Lokomotif KA Ringsek Sepanjang 2023

Whats New
Kemenag Pastikan Guru PAI Dapat THR, Ini Infonya

Kemenag Pastikan Guru PAI Dapat THR, Ini Infonya

Whats New
Harga Emas Antam Meroket Rp 27.000 Per Gram Jelang Libur Paskah

Harga Emas Antam Meroket Rp 27.000 Per Gram Jelang Libur Paskah

Whats New
Kapan Seleksi CPNS 2024 Dibuka?

Kapan Seleksi CPNS 2024 Dibuka?

Whats New
Info Pangan 29 Maret 2024, Harga Beras dan Daging Ayam Turun

Info Pangan 29 Maret 2024, Harga Beras dan Daging Ayam Turun

Whats New
Antisipasi Mudik Lebaran 2024, Kemenhub Minta KA Feeder Whoosh Ditambah

Antisipasi Mudik Lebaran 2024, Kemenhub Minta KA Feeder Whoosh Ditambah

Whats New
Jokowi Tegaskan Freeport Sudah Milik RI, Bukan Amerika Serikat

Jokowi Tegaskan Freeport Sudah Milik RI, Bukan Amerika Serikat

Whats New
Astra Infra Group Bakal Diskon Tarif Tol Saat Lebaran 2024, Ini Bocoran Rutenya

Astra Infra Group Bakal Diskon Tarif Tol Saat Lebaran 2024, Ini Bocoran Rutenya

Whats New
Dampak Korupsi BUMN PT Timah: Alam Rusak, Negara Rugi Ratusan Triliun

Dampak Korupsi BUMN PT Timah: Alam Rusak, Negara Rugi Ratusan Triliun

Whats New
Cek, Ini Daftar Lowongan Kerja BUMN 2024 yang Masih Tersedia

Cek, Ini Daftar Lowongan Kerja BUMN 2024 yang Masih Tersedia

Whats New
Bagikan artikel ini melalui
Oke