Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Gadai Emas Tanpa Surat di Pegadaian? Ini Caranya

Terkait hal ini, sejumlah kalangan masih meragukan mengenai bisa tidaknya gadai cincin emas tanpa surat di Pegadaian. Tak ayal, beberapa pertanyaan kerap bermunculan.

Apakah bisa menggadaikan perhiasan emas tanpa surat? Apakah bisa menggadaikan kalung emas tanpa surat? Gadai emas di Pegadaian tanpa surat apa bisa?

Itulah sederet pertanyaan yang sering mencuat. Bagi Anda yang masih ragu, Pegadaian menerima gadai emas baik perhiasan maupun emas batangan, meski tanpa dilengkapi surat.

Dengan begitu, bagi Anda yang mencari tempat gadai emas tanpa surat terdekat, Pegadaian bisa jadu solusinya.

Ketentuan gadai emas tanpa surat di Pegadaian

Terkait hal ini, laman resmi sahabatpegadaian.com pernah mengulas ketentuan mengenai gadai cincin emas tanpa surat di Pegadaian.

Dikutip pada Kamis (23/6/2022), tata cara gadai emas di Pegadaian tanpa surat juga termuat dalam penjelasan di laman tersebut.

Laman tersebut juga menegaskan bahwa bukan hanya emas tanpa surat yang bisa diterima untuk jaminan di Pegadaian.

Lebih dari itu, perhiasan emas yang terdapat bagian rusak seperti penyok atau patah, juga bisa digadaikan di Pegadaian atau tempat gadai emas tanpa surat terdekat.

Perlu diketahui bahwa emas perhiasan yang rusak atau patah akan mengalami penurunan harga saat dijual kembali.

Hal ini karena biasanya toko emas membutuhkan biaya lebih untuk memperbaiki emas. Jadi, harga perhiasan Anda akan lebih rendah dari perkiraan harga pasaran.

Hal ini tidak berlaku di Pegadaian. Perhiasan emas yang penyok, patah, ataupun hilang sebagian masih dapat digadaikan. Dengan begitu, Anda akan punya pengalaman gadai emas tanpa surat.

Jika nasabah menggadaikan perhiasan emas yang patah dan perhiasan yang tidak memiliki kelengkapan surat, maka tidak akan mengurangi nilai dari perhiasan emas itu sendiri.

“Karena yang dinilai adalah nilai emas itu sendiri, bukan semata-mata surat toko emasnya,” tulis laman resmi sahabatpegadaian.com.

Pegadaian menerima gadai emas tanpa surat kuitansi pembelian emas karena nilai pinjaman ditentukan dari taksiran harga yang dilakukan oleh petugas Pegadaian.

Artinya petugas akan mengecek berat emas, keaslian, dan juga kadarnya. Hal ini juga berlaku pada emas batangan. Jadi, gadai emas di Pegadaian tanpa surat apa bisa? Jawabannya adalah bisa.

Syarat dan cara gadai emas di Pegadaian tanpa surat

Syarat gadai cincin emas tanpa surat di Pegadaian sama dengan prosedur yang berlaku pada produk Pegadaian Gadai Emas.

Syarat gadai emas di Pegadaian 2022 selengkapnya sebagai berikut:

Adapun cara gadai emas di Pegadaian tanpa surat adalah sebagai berikut:

Dengan langkah tersebut, Anda akan memiliki pengalaman gadai emas tanpa surat. Itulah informasi seputar cara gadai emas di Pegadaian tanpa surat.

https://money.kompas.com/read/2022/06/23/141220626/mau-gadai-emas-tanpa-surat-di-pegadaian-ini-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke