Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BI: Peningkatan Inklusi Keuangan UMKM Perempuan Sejalan dengan Presidensi G20 Indonesia

Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia Yunita Resmi Sari mengatakan, peningkatan literasi keuangan UMKM perempuan sekaligus meningkatkan kapasitas dan membuka akses untuk ekspor.

"Ini luar biasa. Hal ini yang kita perlukan untuk membuka berbagai kesempatan guna menandai kebangkitan kembali pasca pandemi," kata dia dalam peluncuran Program Literasi Keuangan #IbuBerbagiBijak 2022, Kamis (23/6/2022).

Dalam Presidensi G20 Indonesia, bersama global partnership dalam keuangan inklusif akan menghasilkan suatu konsep mengenai kerangka kerja untuk keuangan inklusif dalam rangka memanfaatkan digitalisasi.

Hal tersebut berguna untuk meningkatkan produktifitas dan inklusifitas ekonomi yang berkelanjutan, khususnya untuk UMKM yang dimiliki untuk kaum perempuan dan kaum muda.

"UMKM adalah salah satu tulang punggung dari perekonomian Indonesia dilihat dari berbagai sumbangannya baik dari produk domestik bruto (PDB) dan penyerapan tenaga kerja," urai dia.

Yunita memerinci, lebih dari separuh pelaku usaha UMKM di Indonesia adalah kaum perempuan. Kaum perempuan ia sebut, lebih produktif dan kreatif sehingga harapannya dapat terus berkontribusi untuk ketahanan ekonomi nasional.

Berdasarkan data yang Yunita miliki, sampai bulan April 2022 kredit UMKM tercatat tumbuh tinggi yaitu 16,75 persen secara tahunan. Hasil tersebut jauh lebih tinggi dari kredit non UMKM yang tumbuh sekitar persen.

Dari jumlah tersebut, sektor usaha mikro jadi kelompok yang peningkatannya paling besar di dalam sektor UMKM. Adapun, sebagian besar dari usaha sektor mikro ini dimiliki oleh ibu-ibu.

"Kredit usaha mikro ini tumbuh sampai dengan 98 persen, hampir 2 kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu. Dari jumlah nasabah, UMKM ini mencapai 41,5 juta. Jadi sudah ada 63 persen UMKM di Indonesia yang terhubung dengan perbankan," tandas dia.

Adapun rata-rata pinjaman dari sektor UMKM mikro ini adalah sebesar Rp 11 juta.

"UMKM mikor ini sebagian besar dimiliki oleh kaum perempuan," tutup dia.

https://money.kompas.com/read/2022/06/23/161200926/bi--peningkatan-inklusi-keuangan-umkm-perempuan-sejalan-dengan-presidensi-g20

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke