Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Larangan Penggunaan HP di SPBU, Beli BBM Pakai Aplikasi MyPertamina Aman?

Seperti diketahui, konsumen dapat menemukan tanda larangan menggunakan ponsel di SPBU. Namun di sisi lain, Pertamina mewajibkan masyarakat menggunakan aplikasi MyPertamina di SPBU untuk membeli Pertalite dan Solar.

Dalam akun Twitternya, podcaster Ahmad Kemal Palevi menyampaikan soal kekhawatiran penggunaan aplikasi MyPertamina di SPBU.

"Ntar kalau SPBU Pertamina pada meledak berjamaah gimana?", tulis Kemal di akun Twitternya, @kemalpalevi, Selasa (28/6/2022).

Namun, ada juga warganet yang berpendapat bahwa penggunaan MyPertamina aman selama bertransaksi di SPBU.

"Boleh pakai HP di SPBU khusus untuk transaksi di App MyPertamina, asal jangan ada panggilan masuk atau melakukan panggilan keluar," kata akun @PRIHONGGO.

Sementara pemilik akun @Ainina_93 membagikan video yang menunjukkan pembayaran BBM menggunakan telepon seluler aman. Petugas SPBU di dalam video itu menjelaskan, konsumen BBM bakal aman asalkan ketika menggunakan MyPertamina jaraknya sekitar 1,5 meter dari pompa bensin.

Penggunaan MyPertamina dijamin aman

Terkait keamanan penggunaan aplikasi MyPertamina, Anggota Komite BPH Migas Saleh Abdurrahman menjelaskan, transaksi beli BBM Pertalite atau Solar menggunakan MyPertamina tidak akan memicu ledakan di SPBU.

"Kalau menggunakan HP untuk komunikasi berisiko. Tapi kalau untuk transaksi menurut Pertamina aman. Seperti saat ini kan sudah ada yang bertransaksi pakai MyPertamina," ujarnya.

Pada tahun lalu, Pertamina sudah menyampaikan bahwa pelarangan penggunaan HP di area SPBU sifatnya untuk mencegah pemakaian HP yang tidak bertanggungjawab dan dapat menimbulkan keadaan darurat seperti percikan api.

"Dapat kami sampaikan, larangan penggunaan portable electronic product adalah untuk panggilan masuk atau keluar," ujar Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga (Sub Holding Commercial & Trading Pertamina) Putut Andriatno kepada Kompas.com, Jumat (4/6/2021).

Sementara penggunaan HP untuk melakukan pembayaran lewat aplikasi smartphone diperbolehkan. Sebab kata Pertamina, tak ada kaitannya dengan mengakses panggilan telepon saat pembayaran digital.

"Sedangkan penggunaan pembayaran dengan pemindaian QR Code tidak menggunakan mode (panggilan) tersebut," imbuhnya.

Putut memastikan tak masalah jika masyarakat menggunakan HP di SPBU untuk pembayaran digital, selama tidak melakukan panggilan telepon. Ia bilang, ketentuan tersebut telah melalui tahap uji coba keamanan.

https://money.kompas.com/read/2022/06/28/171259626/ada-larangan-penggunaan-hp-di-spbu-beli-bbm-pakai-aplikasi-mypertamina-aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke