Salin Artikel

Tarif Listrik Orang Kaya Naik, Sri Mulyani Jamin Daya Beli Masyarakat dan Inflasi Terjaga

Dia menjelaskan, pemerintah akan berhati-hati dalam mengambil kebijakan yang menyangkut daya beli masyarakat seperti kenaikan tarif listrik.

Oleh karenanya, hanya tarif listrik untuk golongan menengah ke atas supaya daya beli masyarakat menengah ke bawah tetap terjaga.

"Mengenai kenaikan harga pangan dan energi harus disikapi dengan hati-hati sekali," ujarnya setelah rapat kerja bersama Banggar DPR RI, Jumat (1/7/2022).

Lantaran kenaikan tarif hanya untuk golongan atas, dia memastikan dampak kenaikan tarif listrik ini tidak berpengaruh signifikan ke inflasi.

Sebab, pemerintah juga akan melakukan berbagai upaya untuk menjaga inflasi tetap di level yang tidak terlalu menggerus daya beli masyarakat.

"Ya, kalau lihat dari segmennya menurut kita tidak (berdampak ke inflasi). Kita tetap masih bisa di dalam range yang tadi 3,5-4,5 persen (inflasinya)," ucapnya.

Salah satu upaya pemerintah yakni dengan lebih selektif dalam menganggarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Hal tersebut agar apabila ada komoditas yang perlu distabilkan melalui pemberian subsidi, dana APBN dapat digunakan dengan tepat sasaran.

Pasalnya, selama ini kelompok masyarakat mampu yaitu pelanggan rumah tangga 3.500 VA ke atas ikut menerima kompensasi yang diberikan oleh pemerintah dalam jumlah relatif besar.

Sepanjang tahun 2017–2021, PLN mencatat bahwa total kompensasi untuk kategori pelanggan tersebut mencapai Rp 4 triliun.

"Ini semuanya dilakukan keseimbangan dan diukur secara hati-hati sehingga masyarakat yang relatif memiliki daya beli masih mampu, namun dari sisi masyarakat yang membutuhkan kita berikan subsidi yang sesuai dengan kebutuhannya dan APBN juga bisa dijaga," jelasnya.

Diketahui, pemerintah melalui PT PLN (Persero) akan menerapkan kenaikan tarif listrik mulai hari ini (1/7/2022).

Kenaikan tarif tersebut akan diberikan kepada pelanggan golongan 3.500 VA ke atas (R2 dan R3) dan golongan pemerintah (P1, P2, dan P3).

https://money.kompas.com/read/2022/07/01/184100626/tarif-listrik-orang-kaya-naik-sri-mulyani-jamin-daya-beli-masyarakat-dan

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.