Salin Artikel

Mengenal Urutan Pangkat Polisi Indonesia, dari Perwira hingga Tamtama

JAKARTA, KOMPAS.com – Polisi adalah salah satu profesi yang diidamkan oleh sebagian pemuda di tanah air. Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), penting untuk mengetahui urutan pangkat polisi dari yang tertinggi hingga terendah.

Sebagai informasi, tingkatan pangkat polisi di Indonesia ada banyak. Sebagian masyarakat mungkin lebih familiar dengan pangkat inspektur polisi atau Brigadir. Padahal, pangkat polisi tidak hanya itu saja.

Dalam Peraturan Kapolri Nomor 3 tahun 2016 tentang Administrasi Kepangkatan Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, apa yang dimaksud pangkat adalah tingkat kedudukan yang mencerminkan peran, fungsi dan kemampuan, serta keabsahan wewenang dan tanggung jawab dalam penugasan.

Dikutip dari laman tribratanews.trenggalek.jatim.polri.go.id, setiap pangkat yang disandang oleh anggota Polri (pangkat polisi) bisa naik setingkat lebih tinggi sebagai penghargaan yang diberikan atas dasar prestasi kerja dan pengabdian anggota Polri terhadap negara.

Kenaikan pangkat polisi ini bisa didapat baik melalui reguler, pengabdian, luar biasa dan luar biasa anumerta.

Lalu, seperti apa urutan pangkat polisi di Indonesia?

Berikut ini adalah urutan pangkat polisi di Indonesia dari yang paling tinggi sampai ke pangkat yang paling rendah sebagaimana dirangkum dari laman Gramedia.com.

Berdasarkan golongan, kepangkatan Polri terdiri dari Perwira, Bintara, dan Tamtama. Berikut penjelasan lengkapnya.

Golongan Perwira

1. Perwira Tinggi (Pati)

Jabatan yang paling tinggi pada Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah Perwira Tinggi. Pangkat polisi pada jenjang ini di antaranya Jenderal Polisi, Komisaris Jenderal Polisi, Inspektur Polisi dan Brigadir Jenderal Polisi.

a. Jenderal Polisi

Polisi berpangkat Jenderal sebagai posisi paling tinggi di kepolisian. Lambang yang dimiliki oleh polisi berpangkat jenderal adalah simbol 4 bintang berwarna emas.

b. Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol)

Polisi dengan pangkat Komjen atau komisaris jenderal merupakan pangkat polisi dengan jabatan penting dalam kepolisian. Pada umumnya, Komjen menempati jabatan kepala BNN, Wakapolri, sampai Kabaintelkam. Lambang polisi berpangkat Komjen adalah 3 bintang berwarna emas.

c. Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol)

Irjen atau inspektur jenderal menempati posisi di atas brigadir jenderal. Polisi dengan pangkat irjen dapat menempati jabatan sebagai atau pemimpin tertinggi kepolisian daerah (kapolda). Lambang pangkat yang dimiliki oleh irjen adalah 2 bintang berwarna emas.

d. Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol)

Pangkat Brigjen menempati posisi paling bawah pada golongan perwira tinggi. Polisi dengan pangkat brigjen ini dapat menjabat sebagai kapolda atau pemimpin tertinggi kepolisian daerah. Brigjen memiliki pangkat dengan simbol bintang satu.

2. Perwira Menengah (Pamen)

Perwira menengah terdiri dari pangkat Komisaris Polisi, Ajun Komisaris Besar Polisi dan Komisi Besar Polisi.

a. Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol)

Senior dari pangkat ini adalah superintendent. Pangkat ini adalah yang tertinggi pada jenjang Perwira Menengah.

b. Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)

Disebut juga sebagai superintendent. Tugas dari AKBP biasanya dibantu oleh Komisaris Polisi atau Kompol. Pangkat ini dilambangkan dengan dua diamond dengan warna emas.

c. Komisaris Polisi (Kompol)

Lambang dari pangkat ini adalah satu diamond berwarna emas.

3. Perwira Pertama (Pama)

Terdapat tiga pangkat pada jenjang Perwira Pertama yaitu sebagai berikut:

a. Ajun Komisaris Polisi (AKP)

AKP merupakan pangkat yang paling tinggi pada jenjang Perwira Pertama. Lambang dari pangkat ini adalah tiga balok dengan warna emas.

b. Inspektur Polisi Satu (Iptu)

Lambang dari pangkat polisi Iptu adalah dua balok emas. Dalam kemiliteran, Iptu dapat disetarakan dengan Letnan Satu.

c. Inspektur Polisi Dua (Ipda)

Dalam kemiliteran, Ipda bisa disetarakan dengan Letnan Dua. Lambang pangkat polisi Ipda adalah satu balok berwarna emas.

Golongan Bintara

Pada jenjang Bintara tidak ada pembagian sebagaimana Perwira. Berikut urutan pangkat polisi golongan Bintara:

1. Bintara Tinggi

Jenjang Bintara Tinggi berada pada satu tingkat di bawah Perwira Pratama dan setingkat di atas Bintara. Terdapat dua pangkat polisi pada jenjang ini di antaranya Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu) dan juga Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda).

a. Ajun Inspektur Satu (Aiptu)

Bertugas membantu Letnan Satu. Lambang dari pangkat ini adalah huruf V terbalik dan saling terhubung. Sekilas seperti ombak di lautan. Sedangkan warna dari pangkat ini adalah perak.

b. Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda)

Bertugas membantu kepentingan dari Letnan Satu. Lambangnya adalah huruf V terbalik. Bintara Tinggi termasuk senior dari para Bintara. Sehingga harus bisa membantu Bintara dalam menghadapi konflik internal maupun eksternal.

2. Brigadir/Bintara

Polisi dengan jenjang ini merupakan tulang punggung pada kesatuan militer. Pada jenjang ini, urutan pangkat polisi adalah sebagai berikut:

a. Brigadir Polisi Kepala (Bripka)

Pangkat tertinggi pada polisi Bintara biasa disingkat dengan Bripka. Pada posisi ini, perannya di antaranya melakukan pengawasan ataupun controlling pada semua brigadir yang ada dibawahnya.

b. Brigadir Polisi (Brigpol)

Bertugas memastikan bahwa polisi di bawah tingkatnya menjalankan tugas dengan tertib dan juga konsisten.

c. Brigadir Polisi Satu (Briptu)

Brigadir Polisi Satu atau Briptu berada di bawah Brigadir Polisi (Brigpol) dan di atas Brigadir Polisi Dua (Bripda).

d. Brigadir Polisi Dua (Bripda)

Bripda memiliki posisi yang setara dengan Sersan Dua pada Kemiliteran.

Golongan Tamtama

1. Tamtama Kepala

Tamtama sebagai pangkat terendah dalam kepolisian. Seorang polisi dengan pangkat Tamtama bertugas menjadi prajurit kepolisian tugasnya sebagai pelaksana tugas khusus dari kepolisian. Berikut ini jenjang pangkat polisi golongan Tamtama.

a. Ajun Brigadir Polisi (Abripol)

Nama Abripol sebenarnya telah mengalami perubahan hingga dua kali. Pertama, disebut dengan Kopral Kepala, lalu diubah lagi menjadi Bhayangkara Utama I. Saat ini, Ajun Brigadir Polisi menjadi pangkat paling tinggi pada golongan Tamtama.

b. Ajun Brigadir Satu (Abriptu)

Posisi Ajun Brigadir Satu berada di bawah Abripol, pangkatnya pada awalnya dinamakan sebagai Kopral Satu.

c. Ajun Brigadir Dua (Abripda)

Pangkat ini juga pernah mengalami perombakan nama hingga dua kali, seperti pangkat-pangkat di atasnya. Dilambangkan dengan tanda V terbalik berwarna merah.

2. Tamtama

a. Bhayangkara Kepala (Bharaka)

Bharaka sebagai kependekan dari bhayangkara kepala. Tanda kepangkatan untuk jabatan ini ditandai dengan tiga garis miring berwarna merah.

b. Bhayangkara Satu (Bharatu)

Pangkat ini setingkat lebih tinggi dibanding Bharada. Tanda kepangkatan untuk pangkat polisi ini adalah dua garis miring berwarna merah

c. Bhayangkara Dua (Bharada)

Bhayangkara Dua (Bharada) adalah pangkat paling rendah di Polri. Tanda kepangkatan untuk pangkat polisi ini adalah satu garis miring berwarna merah

Nah, itulah informasi seputar urutan pangkat polisi di Indonesia dari Perwira hingga Tamtama. Semoga bermanfaat!

https://money.kompas.com/read/2022/07/02/211306026/mengenal-urutan-pangkat-polisi-indonesia-dari-perwira-hingga-tamtama

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.