Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gubernur Anies Apresiasi Langkah Cepat Kementan Siapkan Kebutuhan Pangan Jelang Idul Adha

KOMPAS.com – Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengapresiasi langkah cepat jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menyediakan kebutuhan pangan dan hewan ternak jelang Hari Raya Idul Adha mendatang.

Menurutnya, pangan adalah kebutuhan vital yang wajib menjadi perhatian bersama.

"Kami di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersyukur karena terus mendapat dukungan dari Kementan, termasuk dalam menghadapi tantangan yang ada. Saya bersyukur kita semua di Jakarta terpenuhi pangannya," katanya dalam siaran pers, Senin (4/7/2022).

Anies mengatakan, Pemprov DKI Jakarta bahkan sudah yakin pangan yang ada saat ini dalam kondisi aman dan terkendali. Dia memastikan tidak ada masalah kekurangan, apalagi kelangkaan.

"Alhamdulillah semua berjalan dengan baik, bahkan terkait penyediaan ternak kurban yang sekarang banyak dibicarakan ada penyakit mulut dan kuku (PMK),” ungkapnya.

Anies mengaku yakin dengan standar operasional prosedur (SOP) yang diterapkan Kementan untuk PMK bisa ditangani dengan baik.

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menegaskan, sektor pangan merupakan sektor yang sangat penting dan memiliki keterkaitan dengan sektor apapun, termasuk pembukaan jutaan lapangan kerja.

"Pangan bukan hanya untuk makan, Bapak, pangan adalah juga lapangan kerja, adalah stabilisasi ekonomi dan inflasi. Bahkan panganlah yang memutar industri lain bisa bekerja. Jadi apa yang kita lakukan ini adalah untuk kemaslahatan orang banyak," katanya.

Sebelumnya, Kementan mendukung kesiapan Idul Adha di wilayah DKI Jakarta dengan menyediakan ribuan hewan ternak dan kebutuhan pangan lainya, seperti bawang, minyak goreng, beras, dan aneka jenis cabai.

Khusus untuk cabai dan hewan ternak, SYL memastikan, akan ada pasokan besar dari sejumlah daerah sentra seperti Sumedang, Wonosobo, Temanggung, Kediri, sampai Pulau Sulawesi.

SYL juga mengatakan, terkait keamanan hewan ternak, pihaknya memastikan proses vaksinasi terus berjalan dan sapi yang keluar dari zona merah sudah melalui pemeriksaan, karantina, dan pemberian vitamin.

https://money.kompas.com/read/2022/07/04/150253726/gubernur-anies-apresiasi-langkah-cepat-kementan-siapkan-kebutuhan-pangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke