Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral Video Petani Jual TBS Kelapa Sawit ke Malaysia, Apkasindo: Kami Harus Biayai Keluarga

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Gulat Manurung membenarkan, video viral di media sosial terkait para petani menjual tandan buah segar (TBS) kelapa sawit ke Malaysia yang diangkut menggunakan truk dan perahu.

Gulat mengatakan, video para petani jual TBS kelapa sawit ke Malaysia tersebut terjadi di Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat.

"Memang iya (video viral jual TBS ke Malaysia), intinya ini masalah hidup kami, kami harus hidup membiayai anak-anak, kehidupan selanjutnya," kata Gulat saat dihubungi Kompas.com, Senin (4/7/2022).

Gulat mengatakan, harga TBS kelapa sawit di Kalimantan Utara saat ini berkisar Rp 800 per kg. Sementara itu, harga TBS petani sawit di Malaysia berkisar Rp 4.500 per kg.

Karenanya, ia menilai, langkah yang dilakukan para petani jual TBS Kelapa sawit ke Malaysia itu mestinya tidak dilarang. Sebab, harga TBS kelapa sawit di dalam negeri merugikan para petani.

"Selama harga TBS seperti itu, kami akan melihat peluang-peluang lain dan mereka itu (petani) juga tidak bisa dilarang, kenapa? Loh, dijual yang di sana (Kalimantan Utara) kalau laku Rp 800 per kg, upah memanen udah lebih dari itu, kan tekor orang manen kan begitu," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulkifli mengatakan, apa yang dilakukan oleh petani tersebut wajar. Sebab kata dia, harga TBS kelapa sawit di Malaysia mencapai Rp 4.500 per kilogram.

"Wajar dong di sana mahal Rp 4.500. Kita cuma Rp 1.000," ujarnya saat dijumpai Kompas.com di ruang kantornya Jakarta, Senin (14/7/2022).

Mendag Zulhas menjelaskan, situasi itu terjadi lantaran adanya kebijakan larangan ekspor yang sempat diberlakukan pemerintah.

Oleh sebab itu, Kemendag akan mendorong percepatan ekspor agar harga TBS kelapa sawit maupun minyak goreng kembali stabil.

"Kebijakan kemarin (larangan eskpor) enggak tepat, jadi berdampaklah ke sana. Makanya ekspor ini kita percepat lagi, kita lakukan percepatan agar lancar lagi," pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2022/07/04/211500626/viral-video-petani-jual-tbs-kelapa-sawit-ke-malaysia-apkasindo--kami-harus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke